Pelda Alde Bersama Damkar Gelar Patroli Karhutla

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Dusun Purwosari, Kecamatan Pelepat Ilir, Koramil 416- 06/Muara Bungo, Pelda Alde dan masyarakat sekitar dan anggota damkar melaksanakan Patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla) Senin (17/10/2019).

Patroli gabungan yang memantau lahan gambut dan wilayah perkebunan warga dan juga semua lahan kosong di wilayah setempat. Selama giat Patroli gabungan tersebut tidak ditemukan titik api.

“Bersama masyarakat dan petugas damkar melaksana giat Patroli gabungan untuk menitoring secara langsung ke kebun milik warga dan beberapa lahan kosong. Alhmdulillah dalam Patroli tadi tidak ada ditemukan titik api,” kata Pelda Alde.

Terpisah, Danramil 416-06/Muara Bungo, Kapten Arm Abasri mengatakan, patroli gabungan merupakan kegiatan rutin, dalam rangka giat pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Tak hanya itu, Babinsa saat dilapangan tiada henti-hentinya mengajak warga agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Karena sanksinya hukum jelas bagi pelaku Karhutla.

“Masyarakat boleh saja membuka kebun, asal jangan dibakar. Karena dampak dari asap sangat berbahaya bagi masyarakat banyak. Oleh karena itu, semua Babinsa kita melakukan patroli secara terpadu untuk pencegahan agar tidak ada terjadi Karhutla,” tegas Danramil. (zek)