Kurikulum Merdeka yang menjadi kurikulum yang memberikan kebebasan kepada guru diharapkan menjadikan momen ini sebagai langkah untuk mempelajari materi dan isu-isu terkini dalam pembelajaran di sekolah.
Misalnya diantaranya isu pandemi Covid-19, bagaimana update perkembangan pandemi ini saat ini, isu perubahan iklim yang banyak dibahas di PBB, isu kerusakan lingkungan, isu kemunculan metaverse dalam dunia pendidikan, hingga isu terorisme yang diharapkan dapat disampaikan kepada siswa dengan baik sehingga siswa lebih mencintai ideologi bangsa yakni Ideologi Pancasila. Dengan pembelajaran terhadap isu-isu terkini, maka diharapkan muncul relevansi pembelajaran dengan nalar siswa karena isu ini dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.
Terakhir, kurikulum merdeka diharapkan menjadi oase segar dalam tandusnya pembelajaran siswa saat ini disekolah akibat pandemi covid-19 yang telah berjalan selama 2 tahun belakangan.
Diharapkan dengan mulai meleknya siswa disekolah dengan isu-isu terkini yang dikemas sesuai kapasitas dan kemampuan siswa, maka akan menjadikan siswa menjadi masa depan bangsa yang tidak hanya menerima pembelajaran di sekolah tetapi juga mampu berkontribusi dalam memberikan pemikiran dan solusi dari berbagai persoalan bangsa.
(Azry Almi Kaloko Alumni Hubungan Internasional UIN Jakarta)