Kapolres Bungo : Cerahnya Masa Depan Anak Kesuksesan Sejati

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram Saat Menyapa Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat dalam Giat Jumat Curhat. Jumat (30/12). Foto : sidakpost id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Tujuan setiap orang tua adalah ingin agar anak-anaknya kelak menjadi orang yang sukses. Atas dasar itu, orang tua akan melakukan yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Dalam hal keuangannya, orang tua juga mempersiapkan dana untuk pendidik sang anak, agar kelak anaknya bisa dengan mudah mengenyam pendidikan diinginkan, tanpa harus mengalami hambatan dalam masalah dana.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram dalam Jumat Curhat bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan sejumlah kepala OPD di lingkup Kabupaten Bungo.

Banyak orang tua yang sudah memikirkan hal ini sejak sang anak masih di dalam kandungan. Akan tetapi bapa prakteknya masih terlihat kecemasan yang dialami oleh para orang tua. Seiring dengan zaman yang semakin maju perlu perhatian serius.

“Saya ingin perhatian kepada anak – anak kita harus lebih eksra, semua harus kita perhatikan seperti kesibukan, perhatian dan juga proses belajar. Jangan sampai kita membiarkan anak-anak kita sibuk di luar rumah dengan kegiatan tak penting,” ucap Bram dihadapan tokoh masyarakat.

Ini juga kata Bram, menjadi atensi semua orang tua agar anak-anak lebih sibuk untuk beraktivitas yang positif. Terkadang para orang tua yang sibuk membuat perhatian kepada anak menjadi berkurang. Maka ini harus benar-benar diperhatikan.

“Selain kegiatan positif bagi anak mereka juga harus diperhatikan keseharian dimana mereka bergaul dan dengan siapa mereka bergaul. Kalau lah perhatian ini serius tidak menutup kemungkinan anak-anak kedepan akan menjadi anak yang membanggakan,” tambahnya.

Selain pendidikan formal dan pendidikan agama wajib diberikan untuk anak-anak, hal-hal kecil yang bisa menjadi kebiasaan baik bagi sang anak, juga bisa orang tua ajarkan.

“Dengan mengajarkan mereka hal-hal kecil ini, diharapkan mereka akan menjadi terbiasa, dan jika kebiasaan ini positif, maka akan memberikan efek yang baik bagi kehidupannya di masa depan nanti,” ujarnya.

Untuk itu, ada beberap faktor agar masa depan anak bisa lebih cerah :

1. Mendorong Mereka untuk Membaca

Membaca adalah jendelanya ilmu. Dengan banyak membaca kita akan banyak mengetahui hal-hal yang sebelumnya kita tidak pernah tahu. Begitu juga dengan anak-anak, mereka belum mengetahui banyak hal yang terjadi di seluruh dunia ini. Untuk hal sederhana saja, seperti belajar bahasa inggris untuk anak-anak.

Untuk bisa mempelajarinya, paling tidak mereka harus memiliki kemauan untuk membaca banyak teks berbahasa inggris, dengan begitu apa yang dia tidak mengerti akan lebih mudah dibahas dibanding dia tidak membaca sama sekali.

Jika anak-anak kurang membaca, mereka akan “miskin” ilmu dan mereka cenderung akan menjadi malas dan memilih untuk bermain sepanjang hari. Sebagai orang tua, sebaiknya tanamkan kebiasaan untuk membaca buku, buku bacaan yang bermanfaat dan sesuai usia mereka tentunya.

2. Menolong Mereka untuk Menumbuhkan Kemampuan Bersosial

Jika ada perilaku anak yang tiba-tiba berubah dari sifatnya yang sebelumnya, atau anak-anak menjadi lebih suka bermain di rumah sebaiknya orang tua segera memikirkan cara agar kebiasaan tersebut tidak dilakukan sang anak.

Biarkan anak-anak bermain di luar rumah, dengan teman-teman sebayanya. Biarkan mereka berinteraksi sosial dengan teman-temannya, dan mempelajari banyak hal. Mengikuti ekstrakulikuler bersama dan mempelajari hal yang baru bersama. Rencanakan acara bermain khusus untuk anak-anak.

3. Bantu Mereka Mengembangkan Bakatnya

Sejak kecil, orang tua sebaiknya sudah mengenali bakat anak-anak mereka. Jika bisa direncanakan, sebaiknya sekolahkan anak-anak di jurusan yang sesuai dengan bakat dan ketertarikan mereka, terutama saat akan menduduki bangku kuliah nanti.

Dengan begitu, saat mereka akan lulus kuliah, mereka sudah mengetahui, apa yang mereka sukai dan ingin lakukan untuk kesuksesan di masa depannya.

Mendidik anak-anak dengan beberapa hal di atas, setidaknya akan memberikan kebiasaan yang baik bagi anak-anak di masa sekarang.

Ketika menjelang dewasa nanti, ia sudah tahu apa yang menjadi bakatnya dan bila sudah begitu, gerbang kesuksesan akan dengan mudah terbuka untuknya.

“Bila semua langkah sudah dilakukan dan kepedulian bersama akan masa depan dia akan lebih cerah dan anak-anak terhindar dari tindak perilaku yang menyimpang,” tutup Kapolres. (zek)