Luar Biasa, Santri Aswaja Borong Juara 1 Lomba Qiroatul Qutub

Membanggakan Santri Aswaja Borong Juara 1 Lomba Qiroatul Qutub. Minggu (30/10) Foto : sidakpost.id/Indra sakti

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Mengejutkan Santri Aswaja berhasil borong juara 1, baik putra maupun putri pada ajang Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) yang difasilitasi oleh Pondok Pesantren Qiroatul Qur’an Sungai Binjai Muara Bungo, Minggu (30/10/2022).

“Alhamdulillah, penampilan santri kita sungguh mengagumkan karena telah berhasil meraih juara 1 baik yang santriwan maupun santriwatinya, ” ucap Tengku Muhammad Isrohul Huda,S.Pd. Pimpinan Ponpes Aswaja Jujuhan, Senin (31/10).

Baca JugaPemkab Bungo Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2022

Sementara itu, menurut Ustad Muhammad Zaki Al Buati selaku Panitia Pelaksana membenarkan bahwa kegiatan MQK ini dilakukan, dalam kerangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 dan kegiatan seperti ini sudah dilakukan setiap tahunnya.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan MQK ini melibatkan seluruh Pondok Pesantren Se Kabupaten Bungo, dan tujuan kegiatan ini untuk menggaungkan syiar bahwa belajar dan memahami kitab kuning itu sangat penting.

Baca JugaMomen Hari Santri, Ponpes Darul Falah Gelar Workshop Enterpreneur Santri

Sebab untuk memahami Al Qur’an dan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya dibutuhkan pemahaman kitab kuning, jika tidak maka irisan-irisan hukum tidak bisa diterapkan dengan sempurna dan kaffah.

” Peraih juara MQK tahun ini, Juara 1 putra dan putri diraih oleh santri berasal dari Pondok Pesantren Aswaja Jujuhan, juara 2 putra santri Ponpes Mubalighin, Juara 3 Putra Ponpes Al Husna. Sedan juara 2 Putri diraih oleh Ponpes Qiroatul Qur’an, juara 3 dari ponpes Mubalighin,” bebernya.