Babinsa Ajak Siswa Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda

Babinsa Sertu Syafrizal jadi Pembina Upacara Bendera hari Senin, di SDN 30/VIII Mandiri Agung. Senin (31/10). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Syafrizal Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute menjadi Pembina Upacara Bendera di SDN 30/VIII Tebo Kelurahan Mandiri Agung, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Senin (31/10/2022).

Tampak hadir pada Upacara Bendera ini Kepala SDN 30/VIII Tebo, para Dewan guru dan Staf, Serta Siswa – Siswi SDN 30 Tebo. Pembina Upacara menyampaikan materi tentang momen Sumpah Pemuda 1928.

Sertu Syafrizal dalam pengarahannya mengatakan, para pelajar atau generasi muda harus mengetahui sejarah lahirnya Sumpah Pemuda.

Bahwa tanggal 28 Oktober merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia dan menjadi salah satu tonggak dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kongres Pemuda dan Sumpah Pemuda menandakan bahwa nasionalisme bukan hanya milik organisasi-organisasi politik, namun juga milik para pemuda dan pelajar.

” Sumpah Pemuda dideklarasikan dalam Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II terlaksana atas gagasan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI),” ungkapnya.

Generasi muda di era sekarang ini atau yang sering disebut dengan istilah generasi milenial, pada umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan komunikasi media termasuk media sosial medsos.

” Mari gelorakan terus semangat Sumpah Pemuda 1928 untuk memupuk jiwa kebangsaan nasionalisme, hormati para guru dan orang tua serta berakhlak mulia, disiplin dalam belajar gantungkan cita-citamu setinggi langit untuk menjadi anak yang berguna kepada orangtua dan agama serta nusa bangsa, ” tutupnya.

Sementara itu, Kepala SDN 3O/VIII Mandiri Agung Mustika Wati,S.Pd mengucapkan apresiasi telah menjadi Pembina Upacara dan memberikan pencerahan kepada siswa di sekolahan ini.

” Terima kasih kepada bapak Babinsa atas kerjasamanya, diharapkan sinergitas dan kemitraan ini terus berkesinambungan,” ucap Mustika Wati. (asa)