Begini Adat Muludan dalam Rangka Meperingati Maulid Nabi

Dibaca: 176 kali

SIDAKPOST.ID, Indramayu – Masyarakat kaplongan, Indramayu, Jawa Barat, menggelar kegiatan adat Muludan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Mu FChammad SAW.

“Rangkaian kegiatan tersebut diadakan mulai 30 Oktober 2021 hingga 31 Oktober 2021,” kata Sekretaris Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Desa Kaplongan kecamatan Kedokanbunder, Minggu (31/10/2021).

Ustadz Taryadi menambahkan, adat Muludan adalah kegiatan rutin tahunan adat masyarakat Desa Kaplongan diselenggarakan oleh para panitia Hari Besar Islam dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Ustadz Taryadi menjelaskan, rangkaian kegiatan adat Muludan itu terdiri dari berbagai macam acara, yakni sosial keagamaan yang hari Sabtu sudah di lombakan berupa lomba adzan,lomba ngaji dan kreativitas seni yang di tampilkan setiap RT Didesa kaplongan yang pada hari ini pawai budaya yang mana masyarakat membuat aneka kreasi yang di tampilkan.

Kemudian kegiatan berlanjut pada sore nanti akan di khitanan masal dan serta santuan anak – anak yatim piatu serta kaum dhuafa ,dan pada malam harinya pemberian hadiah para pemenang lomba serta kemudian diisi Pengajian serta tabligh akbar dan zikir diisi oleh kiyai Ahmad Syaifuddin Abdullah ,S,Th.,MM,ag dari Jakarta. Zikir dan tabligh akbar tersebut diadakan di Masjid Al-barokah Desa Kaplongan kecamatan Kedokan bunder minggu (31/10/2021) malam.

“Diharapkan nanti malam acara bisa berlangsung lancar serta untuk masyarakat kaplongan bisa menghadiri kegiatan pengajian Akbar ini tentunya untuk memperingati hari maulud nabi Muhammad Saw tersebut,” ujarnya. (her)be

ADVERTISEMENT