Tak Terima Diberitakan, Kepala Inspektorat Kampar Meradang

SIDAKPOST.ID, RIAU– Dalam menjalankan tugas pokok sebagai kontrol social publik tentu pelaku pekerja Pers/Media Wartawan dilindungi undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Dimana ketentuan Pasal 4 ayat 3 undang-undang pokok Pers, Wartawan berhak mencari, menyimpan serta menyebarluaskan temuan yang dihimpunnya.

Berawal sebuah pemberitaan salah satu Media terkait status terperiksanya Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar oleh lembaga Tipikor pada Kepolisian Polres Kampar, justeru berita informasi yang dipublish Wartawan melalui sarana media Pers (Tribunsatu.com) dengan topik judul berita, “Diduga Oknum Kepala Inspektorat Kampar Diperiksa Polisi Atas Laporan Penggelapan”.

Baca Juga :  Nah.!! Jual Via Medsos, Motor Dibawa Kabur Calon Pembeli

Tanpa merubah sedikitpun Press Relles berita awal, namun sekonyol-konyolnya oknum Kepala Inspektorat Kampar bernisial “M”, terkesan bungkam dan kebakaran jenggot terhadap judul berita yang di tulis media Pers Tribunsatu.com.

Dengan tidak terima terhadap judul berita yang dimuat media, lantas M (Kepala Inspektorat) Kabupaten Kampar mengundang Redaksi Tribunsatu.com di kantor Diskominfo Kampar, Selasa (29/10/2019).

Dalam pertemuan, Redaksi Tribunsatu.com didampingi rekan seprofesinya dari berbagai media Pers tingkat lokal dan nasional yaitu, Redaksi Borgol (Suryani Siboro), Redaksi Riau Investigasi, Dnews Radio Jakarta (Ismail Sarlata), Redaksi Sergap Online (Hadiriku), Redaksi Riau Kontras (Emos Gea) (Redaksi Siagaonline, Martin) (Redaksi Kupaskasus, Martin) dan puluhan Wartawan media lainnya.

Baca Juga :  Aktivitas Batu Bara Kembali Disetop, Kadishub Jambi Diam Saja?

Dalam pertemuan, Muhamad selaku Kepala Inspektorat Kampar bukannya memberi hak jawab ataupun hak koreksi terhadap berita, justeru Muhamad mengintervensi Redaksi Tribunsatu.com dengan pernyataan -pernyataan yang menyudutkan dan pertanyaan yang tak ubahnya seperti penyidik/petugas Polri saat meminta keterangan seseorang untuk di BAP (Berita Acara Pemeriksaan).