Gawat, Produk Makanan “Snack Good” Bisa Bikin Depresi Halusinasi

Dibaca: 1.240 kali
Sat Narkoba Polres Tebo, Cek Produk Makan Snack Good di Sejumlah Mini Market di Tebo.

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk mencegah adanya peredaran produk makan Snack Good yang bisa membahayakan konsumen, membuat BPOM dan Istansi terkait termasuk Polri terus lakukan sosialisasi, hingga razia terhadap produk iligal dan membahayakan.

Seperti yang terjadi di pulau jawa, adanya produk makanan Snack Good yang sangat berbahaya dikonsumsi tersebut beredar di pasaran.

Snack Good yang mengandung Psilosibin atau Mashroom dengan jenis narkotika Gol 1 terbuat dari jamur Psilosibin  (Psylocabin sp) atau dikenal dengan Magic Mashroom yang efeknya dapat menyebabkan Depresi Halusinasi ketika dikonsumsi.

Inilah Produk Makanan Snack Good Berbahaya.

Kasat Narkoba Polres Tebo, AKP Ruhyat saat dikonfirmasi mengatakan, untuk mencegah adanya peredaran produk makanan yang sangat membahayakan itu, pihaknya lakukan razia disejumlah mini market di seputaran Tebo Tengah.

“Benar, hari ini kami melakukan razia terhadap produk makan Snack Good di sejumlah tempat belanja seperti mini market yang ada di Tebo Tengah. Makan itu nengadung jamur psilosibin yang bisa tumbuh secara alami dikotoran, lumut hewan, ranting dan pada kayu yang busuk,” kata Kasat Narkoba.

Tak hanya itu, berdasarkan literatur jamur psilosibin yang banyak dikenal jamur kotoran sapi ini, mengandung bahan aktif psilosibin yang masuk kedalam narkotika golongan satu.

“Psilosibin ini mempunyai efek dapat mengubah suasana hati (mood), mengubah persepsi diri dan atau dunia sekeliling serta meluapkan perasaan baik rasa senang (euphoria) maupun rasa sedih,” ujarnya.

Sebut Kasat, ancaman pidana bagi yang menjual, membeli, menyimpan bahkan mengkonsumsi, sudah diatur dalam Undang-undang RI no 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Berdasarkan hasil penelusuran, bahwa produk ini tidak mempunyai izin edar, baik no izin edar badan POM (MD) maupun izin edar dari Dinas Kesehatan. Oleh karena itu produk tersebut dikategorikan produk pangan ilegal dan perlu kita tertibkan,” ujarnya lagi.

Sementara, Kepala BPOM Povinsi Jambi Drs Ujang Supriyatna dikonfirmasi, via telepon selulernya mengatakan, terkait makanan Snack Good itu merupakan produk dari pulau Jawa, dan belum ditemukan prodak tersebut beredar di Provinsi Jambi.

”Sampai saat ini kami BPOM Jambi belum menemukan produk makanan Snack Good beredar di Jambi. Memang produk Snack Good tersebut baru di temukan oleh Bareskrim dan BNN di pasaran Pulau Jawa. Namun kita harus lebih waspada karena produk tersebut bisa menyebabkan depresi halusinasi,” tukasnya. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT