Babinsa Riduan,Tanam Singkong Untuk Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi

Dibaca: 188 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Riduan Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute selalu menyambangi kelompok – kelompok masyarakat yang ada di wilayah binaannya.

Seeperti kelompok karang taruna, kelompok tani, kelompok kesenian, kelompok olahraga dan kelompok masyarakat lainnya, dengan tujuan komsos dan memupuk silaturrahmi.

Kali ini Serda Riduan menyambangi petani bapak Sukijo, warga Jalan Mawar RT 06 Desa Sungai Pandan Kecamatan Rambo Ulu Kabupaten Tebo. Pada kesempatan ini Serda Riduan ikut membantu pak Sukijo yang sedang mengolah lahan, untuk ditanami Ubi Kayu atau Singkong.

Serda Riduan memberikan suport dan edukasi kepada pak Sukijo dan petani lainnya di Sungai Pandan, bahwa pada
dituasi pandemi Covid-19 sekarang ini masyarakat dituntut untuk tetap bisa bertahan termasuk dalam ketahanan pangan, budidaya singkong yang mudah didapat dan ditanam bisa menjadi solusinya.

“Budidaya Singkong bisa digencarkan lagi agar ketahanan pangan tetap terjaga, warga yang mempunyai lahan tidur untuk mengolah dan menanami Singkong maupun tanaman produktif lainnya,”tutur Babinsa Riduan, Selasa (31/08/2021).

Singkong itu cadangan karbohidratnya cukup bagus, imbuh Serda Riduan, kurun waktu 5 – 6 bulan bisa jadi cadangan makanan. Setidaknya bisa untuk ketahanan pangan, daunnya juga bisa dimanfaatkan, batangnya bisa ditanam lagi.

Umbi Singkong tidak hanya diolah dengan direbus, dibakar, atau digoreng. Singkong bisa diolah menjadi tape, getuk, dan makanan lain yang nilai jualnya lebih tinggi. Bisa untuk menambah nilai ekonomi pendapatan keluarga.

” Mari manfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman produktif, begitu juga pekarangan rumah ditanami sayuran atau tanaman jamu-jamuan tradisional. Semuanya ini bermuara untuk ketahanan pangan, dimasa pandemi yang masih berkepanjangan. ” Tutup Babinsa Riduan

Bapak Sukijo selaku petani sangat senang dikunjungi bapak Babinsa, yang memberikan dorongan semangat kepada petani di Sungai Pandan ini, ditengah masih berkecamuknya pandemi Covid-19 ini.

“Saya mengolah lahan sekitar 1/4 hektare untuk ditanami Singkong, saya juga yakin budidaya tanaman Singkong cukup lumayan hasilnya, apalagi dimasa pandemi saat ini. Selain dikonsumsi sendiri, Singkong dijual berebut peminatnya,”kata pak Sukijo. (asa)

ADVERTISEMENT