PT KIM Adakan Webinar Food Costing dan Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Dibaca: 328 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – PT Kuansing Inti Makmur, dibawah bendera PT Sinarmas bekerjasama dengan Eka Tjipta Foundation kembali mengadakan kegiatan untuk memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama dalam menghadapi masa pandemi COVID 19.

Kegiatan ini bertajuk Webinar Perencanaan Food Costing dan Sertifikasi Halal yang diikuti oleh lebih dari 100 UMKM binaan PT Sinarmas, yang diadakan via online dengan pemateri nasional yaitu Ibu Yeni Suryasusanti yang merupakan owner dari Penyedap a La Nie. PT Kuansing Inti Makmur sendiri mengirimkan 5 perwakilan UMKM binaan sebagai peserta.

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan protokol kesehatan Covid 19 yaitu, memastikan peserta negatif Covid dengan Rapid Antigen, memastikan peserta memakai masker, menjaga jarak dan penggunaan hand sanitizer sebagi ganti cuci tangan.

Pelaksaaan acara Webinar dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Kepala Teknik Tambang PT Kuansing Inti makmur, Faskal Ibrahim.

Dalam sambutannya, Faskal Ibrahim menyebutkan pentingnya UMKM dalam memahami Food Costing atau Penghitungan Biaya Produksi agar bisa menentukan harga jual pasar, juga menekankan perlunya Sertifikasi Halal dan Perijinan yang lain semisal PIRT guna mendongkrak penjualan produk UMKM.

Selama 3 jam, peserta dengan antusias mengikuti webinar ini, banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, dijawab dengan jelas dan lengkap oleh ibu Yeni Suryasusanti sebagai pemateri. Acara berakhir dan ditutup dengan pembacaan resume webinar.

“Kegiatan ini memberikan pengetahuan dibutuhkan oleh peserta agar dapat menentukan harga jual produk, menghitung keuntungan dari produk yang dijual dan melihat realistis atau tidaknya biaya produksi produk UMKM,” ujarnya.

Selain itu, peserta juga mengetahui pentingnya Sertifikasi Halal bagi produk mereka antara lain meningkatkan daya saing dan memperluas pemasaran produknya.

“Setelah acara webinar ini, peserta juga akan mendapatkan bimbingan secara online dari pemateri selama 1 minggu,” ungkap CSR Section Head PT Kuansing Inti Makmur, Yuliar Rista Bayu.

Novi, salah satu peserta mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Kuansing Inti Makmur yang telah mengadakan Webinar yang bermanfaat bagi UMKM.

Dimana dalam acara ini peserta mendapatkan banyak sekali Ilmu dan Ide-ude baru, untuk meningkatkan produksi, serta berkesempatan untuk bisa berkumpul dengan lebih dari 100 peserta UMKM lainnya.

Untuk diketahui bahwa PT Kuansing Inti Makmur akan terus berkomitmen untuk mendukung serta mengembangkan UMKM. (adv/zek)

ADVERTISEMENT