Babinsa Serka Basri, Bantu Petani Usir Hama Burung

Dibaca: 32 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Ketika padi mulai berbuah maka hama burung mulai berdatangan, oleh karena itu babinsa dari Koramil 416-06 Muara Bungo, Serka Basri membantu mengusir hama burung, Rabu (31/7).

Lahan padi milik Fatmawati poktan Sangko Duo, yang diketuai oleh Safii di Dusun Air Gemuruh, Kecamatan Bathin III ini, sudah terlihat sedang berbuah. Karena itu, hama burung kini mulai berdatangan.

“Buah padi sedang keluar jadi serangan hama itu mulai berdatangan seperti hama burung. Hampir setiap hari ibu Fatmawati bekerja mengusir hama burung pipit tersebut,” kata Serka Basri.

Untuk mengusir hama burung itu kata Serka Basri harus memasang tali palstik yang di buat di area sawah dan di ujungnya di pasang kaleng supaya burung bisa lari, bila mendengar kaleng tersebut.

“Memang hama burung ini, agak sulit diatasi ada satu cara supaya burung pipit tidak bisa berada di area sawah, dengan menggunakan lonceng dari kaleng biar bunyinya berisik dan burung itu tidak bisa mendekati area persawahan,” ujarnya. (red)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT