Sholat Jumat di Masjid Dekat RRI, Al Haris Dahulu Sering Sholat Disini

Al Haris, Sholat di Masjid Dekat RRI Jambi

SIDAKPOST.ID – Bupati Merangin, Al Haris, sholat Jumat di Masjid Almu’awwanah Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (31/1/2020). Masjid itu dekat dengan RRI Jambi.

Saat inilah Al Haris mengenang kembali masa-masa saat ia bekerja di RRI Jambi. Ketika itu, hampir setiap sholat Jumat ia bersholat di masjid itu.

“Saya serasa kembali ke rumah, mengharukan sekali,” ungkap Haris, usai sholat Jumat dan berbincang-bincang dengan pengurus masjid Almu’awwanah, dilansir dari Jambiseru.com – partner Sidakpost.id.

Untuk diketahui, pada Maret 1992, Al HAris bertugas di RRI Jambi. Dia diangkat sebagai PNS Golongan I sebagai staf teknis dengan job operator studio. Gaji pertama yang diterimanya kala itu hanya Rp 36 ribu, cukup untuk bertahan hidup.

Ketika mulai bertugas, Haris ditempatkan di pemancar RRI Mendalo. Selama bertugas, dia tinggal di rumah orang tua angkat, Basir Manan, sepupu H Samsudin Uban, mantan Bupati Sarko tahun 1970-an.

Tiga bulan di Mendalo, dia dipindahtugaskan ke RRI Telanaipura sebagai operator studio. Di sana, Al Haris bertugas mengatur jadwal acara, musik dan kapan penyiar harus bicara saat tayang. Haris mengontrak bedeng di belakang RRI Telanaipura.

Satu pagi, ketika berjalan di depan RRI, Haris berpapasan dengan Kepala Stasiun (Kepsta) baru pindahan dari RRI Bogor. Di sinilah dia merasakan betapa keberuntungan sangat dekat dengan dirinya yang sederhana.

Kepsta itu bertanya kepadanya tentang tempat tinggal, setelah dijawabnya, Kepsta itu menawarkan agar Haris menemaninya tinggal di rumah dinas sampai istrinya yang di Bogor pindah ke Jambi.

Hari-hari Haris di rumah dinas Kepsta diisi dengan tugas memasak nasi, membeli lauk, memasak air panas untuk mandi, menyeterika baju dan menemani Kepsta berangkat ke kantor. Kegiatan ini terus dilakoninya hingga istri Kepsta tiba di Jambi.

Rencananya Haris hanya sementara tinggal di sana, tak tahunya, setelah istri Kepsta tiba, dia tetap tinggal di sana sampai akhirnya lulus ASM Jambi.

Rencananya Haris hanya sementara tinggal di sana, tak tahunya, setelah istri Kepsta tiba, dia tetap tinggal di sana sampai akhirnya lulus ASM Jambi.

Lalu pada tahun 1995, usai menikahi gadis pujaan hatinya, Hesti, Al Haris bersama Hesti mengontrak rumah di Sungai Putri. Di sinilah ia menghabiskan waktunya hingga beberapa tahun kemudian.

Kini, pegawai RRI itu maju jadi Calon Gubernur Jambi 2021-2024. (zek)