Usman Ermulan Diberi Gelar Adat “Orang Kayo Mustiko Rajo Alam”

Tampak Mantan Bupati Tanjab Barat Usman Ermulan usai diberikan gelar adat Orang Kayo Mustiko Rajo Alam' oleh LAMJ. Foto : sidakpost.id/ist

SIDAKPOST.IS, JAMBI  – Lembaga Adat Melayu Jambi (LAMJ) Provinsi Jambi mengukuhkan kembali gelar adat Usman Ermulan.

Pengukuhan gelar adat mantan Bupati Tanjung Jabung Barat dua periode ini berlangsung di Balairung Sari LAMJ Provinsi Jambi, Kota Jambi, Jumat malam, 29 Desember 2023.

Gelar Usman ‘Orang Kayo Mustiko Rajo Alam’ itu dikukuhkan bersama dengan Majelis Pemusyarakatan Adat LAMJ dan penganugerahan gelar adat ke pengurus harian.

Ditandai dengan Pengalungan sebagai penghormatan daro Ketum LAMJ Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (Temenggung Putro Jayodiningrat).

Penyerahan Keris oleh Ketua Pembina LAMJ juga Gubernur Jambi Al Haris (Datuk Mangkubumi Setio Alam), yang dilanjutkan dengan pemberian piagam adat oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani (Paduko Agungmulyo Agamo)

Mantan anggota DPR RI tiga periode tampak dengan mengenakan pakaian adat khas Jambi.

Dalam sambutan Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, bahwa banyak sekali makna terkandung dalam gelar diberikan.

Juga sebagai bentuk menghargai dan menjunjung tinggi jasa-jasa dan pengabdian orang-orang yang telah memberikan sumbangsih baik berupa pikiran dan tenaganya untuk kemaslahatan masyarakat di daerah Jambi.

“Bagi diri kita dan anak-anak kita. Ini warisan yang kelak menjadi spirit bagi cucu kita. Juga sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa,” kata Al Haris. (bel)