Buah Durian Membawa Berkah Bagi Warga Tebo

Dibaca: 778 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Musim durian tahun ini membawa berkah tersendiri bagi sejumlah warga Desa Teluk Kuali dan sekitarnya dalam memperoleh tambahan pendapatan keluarga ketika masa pandemi Covid-19.

Pantauan di simpang logpon Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu para penjual durian mulai dari bapak-bapak sampai emak-emak menunggu kedatangan agen dari Sumbar, Jambi, Pekan Baru hingga Pelembang dan Jakarta.

Kabupaten Tebo saat ini sedang musim buah durian seperti di Kecamatan Tebo Ulu, Kecamatan VII Koto Ilir, Kecamatan VII Koto dan Kecamatan lainnya. Musim panen buah durian dimulai sejak Bulan November lalu, di bulan Desember 2021 ini merupakan puncaknya panen buah durian.

Seorang pengepul buah durian Suip (43) warga Desa Teluk Kuali yang mangkal di Simpang Logpon mengungkapkan, sejak musim durian banyak para pengepul disini menunggu agen dari luar untuk menjual buah durian.

“Kalau haraga bervariasi ada yang Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu rupiah per buah. Untuk pengepul durian disini setiap hari bisa mengeluarkan durian 15.000 hingga 20.000 buah yang dibeli oleh agen dan dikirim hingga sampai ke Jakarta,”ucap Suip, Kamis (30/12/2021).

Kata Suip, semenjak musim dirian tentu ada tambahan penghasilan keluarga di massa pandemi seperti sekarang ini. Ya kalau mau berusaha alhamdulillah lah pasti ada rezeki.

“Kalau masalah rezeki penghasilan dari mengepul buah durian, Alhamdulillah cukup lumayan, bisa untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga,” ungkap Suip.

Senada disampaikan Deny Kumbara, bahwa puncak panen raya buah durian di Tebo bisa sampai bulan Januari 2022. Buan durian unggulan dari Tebo yakni durian Tembilang dan durian Tembago sungguh nikmat rasanya.

“Selain buah durian di Kabupaten Tebo, ada lagi buah duku, rambutan dan manggis yang akan panen pada bulan februari 2022 mendatang,”bebernya. (asa)

ADVERTISEMENT