Gelar Rapat Koordinasi Polres Merangin Bahas Masalah PETI

Dibaca: 48 kali

SIDAKPOST.ID, MERANGIN – Polres Merangin gelar rapat koordinasi terkait Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kabupaten Merangin, Rabu (30/12/2020) sekitar pukul 11. 00 Wib bertempat di aula Mapolres Merangin.

Rapat dipimpin oleh Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, SIK. Dengan dihadiri oleh kasat Intelkam, Kabag Ops, Kasat Pol PP, sat Brimobda, Kodim 0420/02 Sarko, dinas Kesehatan, DlH, Kesbangpol, Kejaksaan Negeri Merangin, serta undangan lainnya.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan SIK mengatakan, PETI sudah lama berlangsung, maka perlu suatu langkah untuk mengantisipasi. Karena Merangin kaya akan SDA yang harus dikelola dengan baik, sehingga tidak terjadi atau menimbulkan kerugian.

“Maraknya PETI di Merangin bahkan di berbagai Kecamatan dan Desa masih banyak aktivitas Penambang PETI dan berakibat pada terancamnya kesehatan masyarakat. Walaupun sudah sering ditertibkan tapi sampai sekarang masih banyak yang beroperasi, makanya dalam forum diskusi inilah kita mencari solusi dan mengambil langkah sehingga tidak aktivitas PETI bisa diatasi,”ujar Kapolres.

Kapolres juga menyebutkan, dengan ada momitmen maka bisa mendorong agar pemerintah Kabupaten membentuk tim terpadu berdasarkan SK Bupati tentang kegiatan PETI. Tak hanya itu, pihaknya juga akan meminta tanggapan seluruh stake holder yang ada terkait aktivitas PETI itu sendiri.

“Dalam sosialisasi tersebut memberikan pembelajaran dan pemahaman kepada masyarakat untuk bekerjasama dengan aparat Desa untuk menolak aktivitas PETI di Kabupaten Merangin,” cetusnya. (idon)

ADVERTISEMENT