Babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan Bantu Petani Semprot Hama Padi

Dibaca: 320 kali
Babinsa Sertu Gusdianto bersama Petani Semprot Pertisida.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Sertu Gusdianto dari Koramil 416-01/Rantau Pandan, membantu kelompok tani, Talang Lamo, memyemprot hama padi sawah, di Dusun Lubuk Kayu Aro, Kecamatan Rantau Padan, pada Minggu (30/12/2018).

“Karena padi poktan Talang Lamo terlihat sangat subur jadi, perlu di semprot dengan vestisida agar padi terhundar dari hama yang kerap menyerang. Dengan demikian padi petani bisa tumbuh lebih segar,” ujar Sertu Gusdianto, Minggu (30/12).

Sebut Gusdianto, ada 15 hektar luas padi sawah yang sudah ditanami padi, dan semua lahan ini, diberi pestisida agar padi patani tetap subur dan sehat. Kalau padi sehat maka, patani semangat menunggu panen.

Waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun padi mulai terbuka. Cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan.

“Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. Waktu yang tepat disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09:00 WIB dan sore jam 15:30 WIB, saat mulut daun terbuka,” paparnya.

Terpisah ketua Poktan Talang Lamo, Nawawi saat dikonfirmasi mengatakan. Saat ini padi petani tumbuh sumbur. Namun, hama mulai berdatangan, atas saran dan bantuan PPL dan Babinsa akhirnya penyemprotan hama dilakukan lebih awal.

“Terimakasih kepada pak babinsa telah perhatian dengan padi kami. Dengan seperti ini, kami juga merasa sangat bangga dan senang dengan TNI, dengan berpakaian loreng lengkap mau turun ke sawah,” ungkapnya. (zek)

ADVERTISEMENT