BKKBN Jambi Fasilitasi Momentum Pelayanan KB di Wilayah Perbatasan

BKKBN Jambi Fasilitasi Momentum Pelayanan KB di Wilayah Perbatasan. Kamis (30/11). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI –  Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN ) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat serta Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Tebo menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Baksos Kesehatan Reproduksi pada Momentum Pelayanan KB Perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 30 November 2022 di Puskesmas Teluk Lancang Kecamatan VII Koto Kab. Tebo Provinsi Jambi dan tanggal 1 Desember 2022 di BPM Erlina MS Kec. Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, ST. M.Eng, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini di laksanakan karena ada kedekatan wilayah kultur.
Ia mengajak stakeholder terkait untuk bersinergi bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan KB.

“Mari kita bersinergi dalam pelayanan KB dan kesehatan reproduksi terutama tenaga kesehatan, BKKBN tidak bisa berdiri sendiri tanpa tenaga kesehatan. Sesuai indikator kinerja utama yang harus dicapai diantaranya yaitu Total Fertility Rate, masih tingginya angka unmeet need, dan prevalensi pemakaian metode kontrasepsi modern,” jelasnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tebo, Drs. H. Jumrah, MM., mengatakan kegiatan pelayanan KB perbatasan saat ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kerjasama antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat serta membawa manfaat bagi perkembangan Program Bangga Kencana.

“Kami sangat menyadari bahwa program Nasional ini tidak mungkin dapat dilaksanakan hanya oleh satu pihak semata, kemitraan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jumrah menyebutkan program Bangga Kencana ini membutuhkan dukungan, komitmen, partisipasi dan kerjasama dari para pemangku kepentingan.

Dr. Munawar Ibrahim, S.Kp., MPH selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi sangat mengapresiasi kegiatan pelayanan KB ini, ia menjelaskan keberhasilan dalam program KB bukan hanya keberhasilan pemerintah saja akan tetapi merupakan keberhasilan dari seluruh komponen serta Kader KB yang ada.

“Melalui program-program lintas sektor yang bersifat koordinatif dan sinergis, serta penggerakan yang mumpuni dari kader maupun tenaga lini lapangan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ber-KB, ” ungkap Munawar.

Munawar menghimbau agar masyarakat memilih alat kontrasepsi yang tepat sesuai kebutuhannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan keluarga berkualitas. (rsa)