Korem 042/Garuda Putih di Jambi, Gelar Shalat Ghaib Untuk Sertu Anumerta Rikson Edi Chandra

Dibaca: 245 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Korem 042/ Garuda Putih di Jambi, menggelar shalat ghaib untuk Sertu Anumerta Rikson Edi Chandra yang gugur dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa dari kelompok masyarakat di depan Kantor Bupati Deiyai, Papua pada Rabu kemaren (28/8).

“Shalat ghaib ini ditujukan untuk Rikson Edi Chandra yang gugur dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa dari kelompok masyarakat di depan Kantor Bupati Deiyai, Papua,” ujar Kepala Staf Korem, Letkol Arh Harry Sassono Utomo, Jumat (30/8).

Kegiatan itu berlangsung usai melaksanakan shalat Jumat, seluruh anggota Korem bersama masyarakat lainnya.

“Shalat ini sebagai bentuk empati personel Korem kepada Sertu Anumerta Rikson Edi Chandra,” tambahnya.

Untuk diketahui, Rikson merupakan anak kedua dari empat bersaudara, pasangan Suardi dan Armaneli, yang tinggal di Jalan Nuri RT 25, Jelutung, Kota Jambi.

Kapenrem, Mayor Inf Firdaus menambahkan, Rikson Edi Chandra adalah prajurit yang ditugaskan dari Kodam II/Swj yang tergabung dalam Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) di Papua, merupakan anggota TNI dari Satuan Yonkav 5/DPC Karang Endah.

“Rikson bertugas di Kantor Bupati Deiyai, Papua, dalam rangka pengamanan aksi unjuk dari kelompok masyarakat Papua yang menuntut adanya kejadian rasisme di Surabaya. Aksi Demo dan ujuk rasa akhirnya berlangsung anarkis dan menyebabkan 5 anggota aparat keamanan gabungan TNI-Polri terluka akibat terkena panah dan salah satunya Serda Rikson gugur di tempat kejadian,” katanya.

Almarhum Rikson Edi Chandra bin Suwardi bertugas di Yonzipur 5/DPC, dengan jabatan sebagai Komandan Ranpur AVLB Tonhar Kima Yonkav 5/DPC. Lahir di Jambi, pada tanggal 25 Mei 1981. Almarhum meninggalkan Istri bernama Endang Susilawati dan dua orang anak bernama Richard D, umur 13 tahun dan Shakira, umur 9 tahun.

Keluarga besar Korem 042/Gapu menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas gugurnya Sertu Anumerta Rikson Edi Chandra akibat bentrokan saat mengamankan aksi massa di depan kantor Bupati Deiyai, Papua.

“Kita merasa kehilangan karena almarhum merupakan prajurit kusuma bangsa TNI AD. Almarhum melaksanakan tugas pengamanan mempunyai jasa yang besar, beliau gugur sebagai kusuma bangsa,” ungkap Firdaus.

Jenasah Sertu Anumerta Erikson dimakamkan hari ini, Jum’at (30/8/2019) dengan acara militer di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Prabumulih, Sumsel. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT