Diduga PT SJA Buang Limbah ke Sungai Warga Resah

Dibaca: 398 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Diduga Limbah PT.Sawit Jujuhan Abadi (SJA), di wilayah Rt 09 dan 08 Kampung Tukum Dusun Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, akibatnya aliran sungai batang jujuhan tercemar.

Parahnya lagi, limbah PT (SJA) sengaja dibuang dengan ke sungai batang jujuhan. Dan terus mengalir ke beberapa Dusun yang terletak di aliran sungai jujuhan yaitu Rantau Panjang, Jumbak, Tepian Danto, Lubuk Tenam dan Pulau Batu.

Rio (kades-red) Dusun Rantau Panjang Apadol saat dikonfirmasi membenarkan dugaan limbah PT SJA tersebut sengaja dibuang ke aliran sungai batang jujuhan.

“Saat ini ada salah satu anak Dusun Rantau Panjang mengalami sakit perut dan dibawa langsung ke pukesmas terdekat, diduga minum air sungai campur limbah itu,” kata Rio Kamis (30/8/2018) kemarin.

Hal senada dikatakan Azhar warga setempat juga mengatakan, Limbah PT SJA, sudah berlangsung dua tahun belakangan ini. Warga disini mengaku ketakutan jika tidak ada tindakan cepat dari pihak terkait, bisa-bisa air sungai selain tercemar warga juga tidak bisa mengkonsumsi seperti sediakala.

“Limbah  PT SJA sudah terus menerus terjadi hal seperti ini kami pun sudah takut degan limbah nya yang Sudah hampir dua tahun di buang ke sungai tukum. Akibat yang  di rasakan warga Rt 08 dan Rt 09, cuci tangan ngak bisa, mau mancing ikan sudah banyak mati, dan klo kena kulit badan gatal,” ujar Azhar.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bungo, Prasetyo saat dikonfirmasi dirinya mebenarkan adanya limbah yang mengalir ke sungai batang jujuhan.

“Tadi staf sayo sudah turun langsung ke lokasi bersama kepolisian mengecek langsung. Jadi hasilnya besok baru kita sampaikan dindo. Kalau mememang benar akan diberi sangksi” ujar Kadis. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT