Ponpes Bina Bangsa Pergunu Rimbo Bujang, Budidaya Ternak Kambing

Dibaca: 710 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pondok Pesantren (Ponpes) Bina Bangsa Perguruan Nahdhotul Ulama berlokasi di jalan Dewi Sartika Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang Tebo, bukan hanya proses belaja mengaja saja akan tertapi berdayakan santri usaha ternak kambing.

Pimpinan Ponpes Bina Bangsa Pergunu Kyai Abdul Karim Thoyib dikonfirmasi mengatakan, selain proses belajar santri juga diajak untuk berternak kambing di lingan ponpes. Hal itu menjadi usaha di Ponpes Bina Bangsa Pergunu.

“Usaha kambing ini, benar-benar teliti dan menggunakan kandang yang bersih. Jadi setiap hari kambing berada dalam kandang. Untuk makanan ada rumput dan aritan,”kata Kyai Abdul Karim Thoyib.

Dikatakan, untuk jenis kambing yang dipelihara takni jenis kambing biasa dan kambing etawa. Karena kambing jenis ini pertumbuhan cukup sehat dan bagus. Sekarang jumlah kambing dipelihata pulahan ekor. Untuk kambing pejantan ada kandng tersendiri.

“Jadi kambing pejantan disini juga kami jual baik untuk acara akikah dan acara hari besar lainnya. Jadi selai. santri kita diajarkan berbagai ilmu agama mereka juga diberikan pengetahuan beternak kambing,” katanya.

Jari setelah santri selesai proses belajar di ponpes ini, kedepan mereka juga bisa menerapkan ilmu agama yang didapat selama disini dan juga mereka sudah paham cara berternak kambing untuk bekal hidup di masa mendatang.

“Dua hal yang tak bisa di pisahkan yakni dunia dan akhirat. Ilmu agama mereka pelajari dan berternak kambing mereka juga mumpuni. Kalau sudah seperti itu maka santri kita akan menjadi santri yang memiliki segudang pengalaman,” katanya. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT