Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Babinsa 0416-07/RB Patroli Bersama Warga

Dibaca: 56 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk mengantisipasi dan mencegah adanya kebaran hutan dan lahan (Karhutla) Babinsa Serda Heri Suseno Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, menggelar patroli bersama Anggota Linmas dan warga. Patroli dengan berjalan kaki menyasar kebun sawit milik warga Desa Giri Winangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Kamis (30/5/2019).

Tujuan digelarnya Patroli Kaehutla ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terlebih pada musim kemarau masyarakat atau petani harus waspada dan jangan membakar sampah dikebun maupun disembarang tempat.

“Dimusim kemarau dominan bisa terjadinya kebakaran, baik kebakaran hutan dan lahan maupun kebakaran pemukiman warga yang di akibatkan keteledoran membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan ,” terang Babinsa Serda Heri Suseno.

Dikatakannya, kepada masyarakat atau petani dilarang membuka lahan atau kebun dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran meluas lingkungan dan berbahaya untuk semua lini kehidupan.

‘”Pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) dikenakan sanksi hukuman berat, baik hukuman kurungan penjara maupun denda uang milyaran rupiah. Ada istilah api dikala kecil menjadi sahabat, bila membesar api menjadi lawan,” pungkas Serda Heri Suseno. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT