BPOM Jambi Cek Bahan Makanan Berbahaya di Pasar Beduk Tebo

Dibaca: 274 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Balai BPOM Provinsi Jambi turun ke Kabupaten Tebo, untuk mengecek makanan di sejumlah Pasar Beduk yang ada di Muara Tebo dan Kecamatan Rimbo Bujang. Rabu (30/5/2018).

Tim Balai BPOM Jambi melakukan pengecekan dengan menggunakan mobil unit yang dilengkapi dengan peralatan Laboratorim, mengecek di Pasar Beduk yang ada di Muara Tebo dan Rimbo Bujang untuk mengambil sample semua makanan dan di uji langsung di Laboratorium yang ada di mobil unit BPOM.

Supriadi, Tim Balai BPOM Jambi dikonfirmasi sidakpost.id menyebutkan, hasil pengecekkan disejumlah Pasar Beduk yang ada di Muara Tebo dan Pasar Beduk di Kelurahan Wirotho Agung Rimbo Bujang tidak ditemukan bahan berbahaya, pada makanan yang dijajakan atau dijual oleh pedagang di Pasar Beduk tersebut.

“Kita cek semua makanan di Pasar Beduk yang ada di Muara Tebo dan Rimbo Bujang, sample kita uji langsung di Labor yang ada di mobil unit BPOM dan hasilnya dinyatakan tidak ada mengandung bahan yang berbahaya atau zat pengawet yang mengandung formalin.

“Hasil pengecekkan kita disejumlah Pasar Baduk di Muara Tebo dan Pasar Beduk Rimbo Bujang, tidak ditemukan pada makanan Formalin atau zat sejenisnya yang membahayakan , semua makanan di Pasar Beduk ini dinyatakan aman dan layak dikonsumsi, “jelas Supriadi.

Dikatakannya, formalin merupakan bahan pengawet berbahaya bila digunakan untuk pengawet makanan. Hal itu sangat berbahaya terhadap kesehatan manusia, bisa menimbulkan penyakit seperti, Kanker dan jantung yang dapat mematikan.

Diketahui bahan kimia Formalin bukan untuk digunakan pengawet makanan, melainkan untuk pengawet mayat.

“Kita himbau kepada pedagang jangan menggunakan bahan pengawet Formalin untuk makanan, selain membahayakan dikonsumsi manusia juga dilarang oleh peraturan yang ada, “tegas Supriadi. (asa)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*