Corona Meningkat di Rimbo Ilir, Kades Diminta Perketat Pengawasan Prokes

Dibaca: 563 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Penyebaran Wabah Virus Corona semakin parah atau tinggi diwilayah Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, menyikapi kondisi ini Camat Edi Sukarjo.SH hari ini pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral. Bertempat di Aula Kantor Camat Desa Karangdadi, Pada Jumat (30/04/2021).

Dalam Rapat Koordinasi lintas sektoral ini, menghasilkan sejumlah agenda kesepakan diantaranya seperti :

Pertama, pendatang dari luar daerah diwajibkan menunjukkan hasil Sawab dari daerah asalnya.

Kedua, setiap kegiatan di Desa harus menrrapkan protokol kesehan (prokes) dan melibatkan Relawan Desa.

Ketiga, Untuk Sholat Idul Fitri 1442 hijriah, Panitia harus menyediakan sarana dan prasarana serta menerapkan prokes.

Keempat, Sholat Idul Fitri dilaksanakan
di tempat terbuka, serta teknisnya diserahkan kepada pihak Desa. Acara halal bil halal ditiadakan.

Kelima, tidak boleh mengadakan atau kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak seperti acara buka puasa bersama dan wirit yasin

Keenam, Kegiatan proses belajar mengajar (KPBM) di Sekolah harus menerapkan prokes, serta kegiatan diluar jam belajar ditiadakan.

Ketujuh, keberadaan Siswa setelah pulang Sekolah (diluar Sekolah), menjadi tanggung jawab para orang tua atau keluarganya.

Camat Rimbo Ilir Edi Sukarjo meminta agar seluruh Kades dalam wilayah Kecamatan Rimbo Ilir yang tergabung dalam Satgas Covid-19, supaya bertanggung jawab pengawasan terhadap warganya dari penyebaran Virus Corona,

Kondisi saat ini semakin buruk dan ini sudah darurat, karena penyebaran Virus Corona begitu cepat dalam sebulan terakhir ini sudah memakan korban di beberapa desa, ada yang meninggal karena terpapar Covid-19.

” Agar jangan semakin meluas, kita adakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berskala mikro (PPKM) di setiap Desa,”ujar Camat Edi Sukarjo.

Kapolsek Rimbo Ilir melalui BKTM Aipda Dadan Juanda saat dikonfirmasi menyebutkan, bahwa dari TNI dan Polri sangat mendukung penuh hasil Rapat Koordinasi masalah Covid 19 di Kecamatan Rimbo Ilir.

“Kita himbau kepada warga yang akan mudik lebaran keluar Rimbo Ilir lebih baik mengurungkan niatnya, begitu juga
warga yang akan masuk ke Rimbo Ilir agar mengcencal, bagi warga yang sudah terlanjur datang ke Rimbo Ilir melaporkan kedatangannya kepada Satgas Covid-19 yang ada, “tandas Dadan. (asa)

ADVERTISEMENT