PMI Tebo : Remaja Putri Perlu Cek Golongan Darah Sebelum Menikah

Dibaca: 615 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Menurut hasil Survei Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo Jambi, masih banyak ditemukan kalangan remaja Putri (wanita – red) di Kabupaten Tebo belum pernah melakukan cek golongan darah, hal tersebut sering terdeteksi pada saat wanita melahirkan dan banyak mengalami pendarahan dan memerlukan tranfusi darah ternyata si pasien tidak tahu golongan darahnya.

Bahkan untuk kalangan Sukarelawan sendiri masih banyak ditemukan yang belum menyadari pentingnya check golongan darah, sehingga ketika terjadi kedaruratan medis sedikit lebih lama dalam penanganannya untuk tranfusi darah berbeda dengan orang yang sudah mengetahui golongan darahnya.

“Kita tidak pernah tahu kapan akan terkena musibah, dimana musibah itu mungkin membutuhkan donor darah. Ketika kita sudah mengetahui apa golongan darah kita, maka penanganannya akan jauh lebih cepat dan kita akan terselamatkan,” ungkap Slamet Setya Budi Pengurus PMI Kabupaten Tebo, pada madia ini, Minggu (29/4/2018).

Disamping itu, kata Slamet, PMI Kabupaten Tebo juga memberikan perhatian secara penuh terhadap keselamatan perempuan ketika melahirkan. Dimana masih sedikit kesadaran remaja putri sebelum menikah untuk melakukan check golongan darah.

“Sering saya sampaikan khusunya kepada adik – adik PMR (Palang Merah Remaja) maupun para remaja putri, bahwa pentingnya check golongan darah sebelum menikah dikarenakan tidak sedikit dijumpai perempuan ketika proses melahirkan mengalami pendarahan, kadang ada yang sampai tidak tertolong nyawanya, ” imbuh Slamet Setya Budi

Dikatajannya lagi, pada dasarnya golongan darah adalah suatu ciri khusus dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan juga protein pada permukaan sel darah merah.

Dalam artian golongan darah ditentukan oleh jumlah zat yang kemudian disebut antigen yang terkandung di dalam sel darah merah itu sendiri , mengetahui golongan darah sendiri jelas sangat penting bagi kehidupan.

“Kita mengakui masih perlu kerja keras untuk menyadarkan pentingnya check golongan darah yang tujuanya bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, namun juga untuk orang lain,”tukasnya. (asa)

DIRGAHAYU INDONESIA








































ADVERTISEMENT












ADVERTISEMENT

Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*