Salut! Relawan Bungo Peduli, Bikin APD Corona Untuk Tenaga Medis

Dibaca: 529 kali
Para Relawan Menyerahkan APD Kepada Kadinkes Bungo Disaksikan Langsung Oleh Bupati Bungo, H Mashuri di Rumdis Bupati, Minggu (29/03/2020).

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Inisiatif dari Relawan Bungo Peduli (RBP) untuk memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis dalam menangani virus Corona di Kabupaten Bungo layak diapresiasi.

Betapa tidak, APD ini, nantinya akan dibagikan oleh relawan bungo peduli ke tenaga medis di Rumah Sakit di Kabupaten Bungo. Untuk awal baru 4 buah APD sudah selesai siap digunakan untuk tenaga medis dalam menangani Covid-19.

Relawan Kerjar Target Pembuatan APD Untuk Tenaga Medis.

Ketua relawan bungo peduli, Ramadhan menjelaskan ide awal membuat APD itu hanya dalam beberapa hari ini saja. Awalnya dia merasa prihatin karena tenaga medis, adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Kami melihat, tenaga medis kesulitan untuk memiliki APD. Karena prihatin tenaga medis kita tak memiliki APD maka, kita berinsiatif untuk membantu tenaga medis dengan memproduksi APD itu sendiri,”kata Ramadhan.

Berawal dari keprihatinan itu, sambung Ramadhan dia langsung berkomunikasi dengan rekan-rekan yang lain seprofesi segera membuka donasi penggalangan dana untuk membuat alat pelindung diri.

“Alhamdulillah, respon dari masyarakat cukup baik sehingga tidak butuh waktu lama terkumpul dana Rp 9.010.000,- pada hari Minggu (29/03). Untuk produksi APD sendiri kami juga menggunakan penjahit yang sudah terbiasa dibidang menjahit,” katanya.

Di awal produksi kata Ramadhan, baru selesai 4 buah APD, dan itupun sudah diserahkan kepada Kadinkes Bungo. Bahkan bupati Bungo sendiri sudah mencoba langsung dari APD yang sudah jadi. Bahkan respon Bupati sangat baik.

“Setelah melihat hasil produksi APD yang kami buat, Bupati, H Mashuri langsung pesan 700 meter bahan untuk APD. Tak itu saja, Bupati juga mempasilitasi untuk relawan bungo peduli untuk memakai gedung BLK di SKB, memproduksi APD secara massal,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kadinkes Bungo, dr. Safarudin Matondang juga sangat mengapresiasi inisiatif dari relawan bungo peduli, terhadap pencegahan virus Corona di Kabupaten Bungo. Semoga APD ini bermanfaat untuk para dokter dan perawat di Bungo dalam menangani pencegahan Covid-19.

“Semoga saja, semakin banyak relawan- relawan lain yang bisa berkontribusi dalam pencegahan virus Corona, demi keselamatan masyarakat Bungo. Kepada masyarakat harus menjaga kebersihan,” pungkasnya. (jul/red)

ADVERTISEMENT