Peduli Industri Batik, Bupati Bungo Datangi Pengrajin

Dibaca: 249 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Berbagai macam upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo dibawah kepemimpinan H Mashuri dalam mewujudkan Bungo Maju dan Sejahtera (Master), salah satunya dengan mendorong UMKM, diantaranya Batik. Selasa (30/01/18)

Bupati Bungo H Mashuri sambangi salah satu rumah pengrajin batik di Dusun Tanah Tumbuh, Kecamatan Tanah Tumbuh bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bungo Hj Verawaty Mashuri beberapa kepala OPD Kabupaten Bungo.

Bupati Hamas, turun langsung kelokasi untuk melihat kondisi para pengrajin batik di Kabupaten Bungo ini dan menampung aspirasi mereka, sehingga kebutuhan-kebutuhan dari para pengrajin batik nanti bisa dipenuhi oleh pemerintah daerah dan produk batik khas daerah bisa lebih berkelas serta mampu bersaing dengan batik-batik dari daerah lain.

“Alhamdulillah rumah Juwita Batik ini sudah berjalan lebih kurang satu setengah tahun, dan batik yang ada di Tanah Tumbuh ini juga sudah dipasarkan di rumah Dekranasda Kabupaten Bungo. Kita datang kesini untuk melihat kondisi pengrajin kita disini, tentu kita tanya persoalan-persoalan pengrajin kita untuk berproduksi,” kata Mashuri.

Terkait keinginan dari para pengrajin, Mashuri menanggapi. Tadi disampaikan mereka sekarang masih pakai batik tulis, mereka ingin kedepan mengembangkan dengan batik cap.

“Kedepan kita akan bantu batik cap untuk pengrajin kita, kemudian masalah meja juga dan peralatan peralatan lain yang belum dimiliki, Insya Allah nanti kita bantu,” lanjut Mashuri.

Menurut Bupati, masalah pemasaran dari kerajinan batik, sekarang mereka tidak mendapatkan persoalan terhadap pemasaran, karena memang ditampung oleh rumah Dekranasda Kabupaten Bungo yang ada di Muara Bungo.

“Kita ingin pengrajin pengrajin kita ini tumbuh, bayangkan satu rumah batik bisa mempekerjakan empat sampai lima orang, artinya multiplayer efek dari UMKM pengrajin ini cukup besar,” tukasnya. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT