Raih Predikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima, Begini Harapan Direktur RSUD H Hanafie

RSUD H Hanafie Muara Bungo Berhasil raih predikat akreditasi bintang lima. Foto : Sidakpost.id/Juliansyah, Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Belum lama ini, Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Hanafie Muara Bungo.

Rumah Sakit terletak di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Provinsi Jambi itu, berhasil meraih predikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Bahkan, akreditasi paripurna bintang lima menjadi sejarah baru dunia kesehatan di Kabupaten Bungo. Bahwa, prestasi paripurna tersebut menjadi yang pertama dan perdana diraih.

Direktur RSUD H Hanafie, dr. Edi Mustafa, M.Kes mengatakan Akreditasi tersebut merupakan standarisasi sesuai Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI.

Dimana kata Edi, akreditasi ini dilakukan setiap tiga tahun sekali. Akreditasi paripurna bintang lima merupakan suatu pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar dari Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah harapan dan keinginan kita selama ini, akreditasi paripurna bintang lima ini dapat di raih. Tentu, prestasi ini tidak terlepas dari support serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bungo dan seluruh keluarga besar rumah sakit,” kata dr. Edi Mustafa, Senin (28/11) kemarin.

Edi mengatakan, ada 16 pokja yang harus betul-betul dipenuhi RSUD H Hanafie terhadap penilaian, dan kesemuanya harus sesuai standar lembaga kesehatan.

“Alhamdulillah RSUD H Hanafie Muara Bungo dapat memenuhi standar penilaian itu. Bahkan, Rumah sakit H Hanafie, yang merupakan rumah sakit rujukan regional Jambi wilayah barat ini dan menjadi pencapaian pertama akreditasi paripurna bintang lima,” paparnya.

Seiring dengan itu, dengan diraihnya akreditasi paripurna bintang 5, RSUD H Hanafie, akan memotivasi dan memacu semangat pihak nya untuk melakukan inovasi-inovasi, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga akan menjadi semakin baik.

” Kami tidak hanya berfokus dan menerima sertifikat saja. Pada dasarnya, akreditasi ini sebagai pemacu semangat dan memotivasi untuk lebih baik kedepan. Karena pada prinsip nya kami, akan mengimplementasikan dari seluruh lini dan mutu pelayanan harus di tingkatkan,” Ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan terus berbenah, guna mengoptimalkan mutu pelayanan dan sumberdaya rumah sakit termasuk, meningkatkan keselamatan serta perlindungan terhadap pasien.

“Sehingga rumah sakit ini benar-benar mampu menjadi rumah sakit kebanggaan bagi masyarakat di Kabupaten Bungo. Pada kesempatan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas sumbangsihnya yang luar biasa dalam pelaksanaan akreditasi ini, semoga pelayanan rumah sakit ini lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya. (Jul)