Pahlawan Kesehatan

Dibaca: 151 kali
Dokter Sedang Tangani Pasien Terpapar Covid-19 (istimewa)

MUARA BUNGO – Pandemi covid-19 di Kabupaten Bungo belum juga berakhir. Sejak pertama masuk ke Indonesia awl Maret 2020 hingga sekarang ini masih menjadi tugas berat tenaga kesehatan di setiap rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Bungo maupun milik swasta terus bekerja siang dan malam melaksanakan tugas mulia.

Kendati kasus covid-19 di Kabupaten Bungo tidak mengalami kenaikan yang begitu signifikan akan tetapi petugas kesehatan terus berkerja merawat pasien yang terpapar covid-19 maupun isolasi di rumah sakit milik pemerintah atau milik swasta.

Dilansir dari situs https://covid19.bungokab.go.id/ posisi Jumat 27 November 2020, Suspek total ada 30 orang, proses pemantauan ada 10 orang selesai pemantauan 20 orang. Konfirmasi 136 orang proses 37 orang, sembuh 99 orang dan meninggal 14 orang. Alhamdulillah untuk kasus positif di Bungo pelan-pelan sudah berkurang.

Hal itu, tidak lepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri terkait protokol kesehatan (prokes) dalam melaksanakan aktivitas. Tentu dengan kerja dan pengabdian dari seluruh nakes di Bungo maka dapat diyatakan yang layak dikatakan sebagai pahlawan kesehatan asalah tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani setiap pasien covid-19.

Para pahlawan kesehatan sudah banyak yang gugur melawan keganasan wabah virus corona. Perlengkapan perang yang selalu dipakai seperti baju hazmat dan atribut lengkap bukanlah hal yang mudah.

Perjuangan para tenaga kesehatan yang pantang mundur melawan covid-19 ini harus diapresiasi setinggi-tingginya. Keringat bercucuran, susah bernafas karena pemakaian masker yang berlapis-lapis, menahan berat sepatu, meninggalkan keluarga untuk bertugas.

Resiko tinggi untuk terpapar, tidak juga menyurutkan semangat untuk menolong korban covid. Bagitu harunya mereka saat mendengar ucapan terimakasih yang begitu tulus dari korban covid yang berhasil sembuh.

Sudah berlangsung tujuh bulan lamanya, seharusnya yang menjadi garda terdepan adalah diri pribadi kita sendiri, bagaimana kita menjaga diri dengan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Pola makan makanan sehat, pola mencuci tangan, memakai masker, social distancing harus terus dilakukan setiap hari.

Semakin lama beban pemerintah dalam menanggulangi covid-19 ini kian bertambah, anggaran penanggulanngan covid sampai pada mengatasi pengangguran akibat sektor ekonomi yang terpuruk. Covid tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, tetapi perdampak pada masalah ketenagakerjaan dan ekonomi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan 2 tahun 2020, perekonomian Indonesia mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 5,32 persen dibanding dengan triwulan yang sama pada tahun sebelumnya. Padahal pada tahun-tahun sebelum adanya covid ini, perekonomian Indonesia selalu tumbuh sekitar 4 hingga 5 persen. (zek)

ADVERTISEMENT