Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Koptu Poniman Patroli Bersama Warga

Babinsa Koptu Poniman melakukan patroli karhutla bersama warga, di Desa Rantau Kembang Rimbo Ilir. Kamis (29/9). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Tiada hari tanpa patroli, itulah yang secara terus menerus dilakukan oleh Babinsa Koptu Poniman dari Koramil 416-07/Rimbo Bujang. patroli juga deteksi dini dan pencegahan agar karhutla tidak terjadi.

Sasaran patroli karhutla Babinsa bersama warga di wilayah binaannya di jalan AMD RT 04 Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Kamis (29/09).

Baca JugaWalau Cuaca Kadang Panas dan Hujan, Babinsa Toni Aktif Patroli Karhutla

Babinsa Koptu Poniman mengatakan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan maka diperlukan kerja sama yang baik TNI dan masyarakat. Karena semua tanggung jawab bersama.

“Apapun bentuk yang dpat mengancam kerusakan ekosistem sehingga perlu diantisipasi sejak dini sebelum terjadi kebakaran yang meluas dan fatal,”katanya.

Dijelaskan, kebakaran hutan dan lahan apabila sudah terjadi meluas maka akan sangat susah untuk dipadamkan, apalagi kalau kebakaran tersebut terjadi pada areal gambut susah di padamkan bila terbakar.

Baca Juga :  Babinsa Syafarudin Terus Ajak Warga Berpatroli dan Cegah Karhutla

“Kepada masyarakat agar bijaksana dan tidak membakar dalam membuka lahan untuk kebun atau pertanian. Ingat pelaku pembakaran hutan dan lahan disanksi berat yaitu dipenjara dan di denda sejumlah uang, “ujar Poniman.