Jika Terpilih, CE Serius Garap Potensi Lahan Tidur

Dibaca: 143 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Beragam cara bakal dilakukan oleh Drs H Cek Endra untuk meningkatkan pendapatan masyarakat jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Jambi. Salah satu formulanya, adalah dengan memanfaatkan potensi lahan tidur.

Kepada wartawan, kandidat yang mengusung jargon “Jambi Cerah” tersebut mengaku memang ingin mengimplementasikan program pemanfaatan lahan tidur yang sudah diterapkannya selama memimpin Kabupaten Sarolangun.

Dijelaskan Cek Endra, dari pengamatan kacamata-nya, memang saat ini potensi lahan tidur belum tergarap maksimal. Padahal menurutnya, lahan tidur ini merupakan “permata” terpendam dan bisa menjadi pendapatan andalan bagi masyarakat.

“Program pemanfaatan lahan tidur sudah masuk dalam misi saya bersama dengan ibu Ratu. Insya Allah, program ini jadi salah satu program prioritas,” tegas CE.

Dijelaskan, salah satu strategi adalah dengan mengedepankan jenis tanaman yang sesuai dengan daerah. Selain itu, dinas terkait akan kita genjot untuk memberikan pemahaman serta tekhnik menaman yang tepat.

“Yang pertama kita data daerahnya, kemudian kita sesuaikan dengan varietas tanaman dan jenis usaha perikanan dan ternak yang memang layak di daerah tersebut. Setelah itu, kita selaku pemerintah akan memberikan bantuan berupa bibit dan perlatan pertanian secara bertahap,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, selain pemanfaatan lahan tidur, CE juga akan mengoptimalkan potensi lokal dengan pelibatan masyarakat secara aktif. Kemudian mendorong hilirisasi produk lokal sehingga secara tidak langsung akan mendongkrak pendapatan masyarakat dan bisa menekan penganguran serta angka kemiskinan.

“Alhamdulillah, di Sarolangun selama setahun terakhir kita berhasil merealisasikan 2047 hektar lahan tidur menjadi lahan pertanian dan perikanan, serta peternakan. Jumlah ini melebihi target yakni 1580 hektar,” jelas CE

“Kalau untuk ladang kita unggulkan tanaman kelengkeng, pisang dan lain-lain. Kemudian, ada kolam terpal dan ternak ayam sapi serta kambing.” tandasnya. (zek)

ADVERTISEMENT