Kapolres Bungo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2019

Dibaca: 238 kali
Kapolres Bungo Memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kapolres Bungo, AKBP Januario Jose Morais, S.IK, memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh 2019, di halaman Mapolres Bungo, Kamis (29/08).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Bungo Safrudin Dwi Aprianto, Kejari Bungo, Pengadilan Negeri Bungo, Kasdim 0416/Bungo Tebo, pejabat Polres Bungo, Kapolsek dan Bhabinkamtimas.

Untuk peserta apel, Jasa Raharja Bungo, Dishub, Kodim 0416/Bute, Subdenpom II/Bute Sarko, Sat Pol PP, Dishub, dan Damkar Kabupaten Bungo.

Kapolres Bungo, AKBP. Morais mengatakan, apel gelar pasukan Operasi Patuh tahun 2019 adalah program Kapolri dalam rangka meningkatkan profesional modern, dan terpercaya (promoter).

Sesuai amanat Undang-Undanga nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Sat lantas Polres Bungo berupaya menjadi promoter dibtengah masyarakat. Ini semua harus ada kerja sama dan sinergitas pemangku kepentingan.

“Program ini, tidak akan berjalan kalau senergitas atar pemangku kepentingan tidak jalan. Karena ini yang paling mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusi yang dipecahkan secara bersama,” ujar Kapolres.

Dikatannya, kelamatan berlalu lintas sering kali diabaikan akibatnya menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Hal itu, dapat ditujukan kepada pejalan kaki, oengendara roda dua maupun roda empar kerap kali ditemukan pelanggaran lalu lintas.

“Pokus kita masih dalam pelanggaran berlalu lintas. Dan Operasi patuh ini memeberi kesaran kepada masyarakat bahwa tertib berlalu lintas itu adalah modal dasar agar selamat dalam setiap orang berkendaraan,” katanya.

Sementara, wabub Bungo Apri dalam sambutan mengatakan, pada dasarnya Operasi Patuh tidak lain, untuk memberi kesadaran kepada pengguna jalan, baik itu, pengendara roda dua, roda empat, agar lebih taat dan patuh terhadap aturan berlalu lintas.

Operasi Patuh juga bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak oelanggaran di jalan raya agar tingkat kecelajaan bisa ditean sedemikian. Jadi bila semua aturan berlalu lintas diikuti dengan serius maka angka kecelakaan akan menurun.

“Sekarang angka kecelakaan dan pelanggaran masih di diminasi oleh anak sekolah. Melalui Operasi Patuh ini, bisa mengurangi angka kriminalitas di jalan raya. Semakin patuh berkendaraan maka pelanggaran semakin berkurang,” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT