Serda Dasiman Ajak Warga Tanam Singkong, Sistem Penyambungan

Dibaca: 145 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Serda Dasiman Babinsa Desa Teluk Pandak Kecamatan Tebo Tengah Koramil 0416 – 05/Muara Tebo, mengajak warga diwilayah binaannya untuk memanfaakan lahan kosong lahan tidur untuk ditanami dengan Singkong atau Ubi kayu, dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Dasiman usai bertugas dan hari libur dirinya mengolah sedikit lahan miliknya, untuk ditanami Ubi kayu sistem sambungan (grafting) dari dua jenis batang Ubi kayu berbeda, yaitu Ubi karet dan Ubi kayu biasa.

Babinsa Serda Dasinan mengatakan, bahwa dirinya mulai menanam Ubi kayu sistem sambungan batang ubi karet ditempatkan pada sambungan atas, sedangkan batang ubi kayu biasa yang ditanamkan didalam tanah.

“Penanaman tanah digali kedalaman
30 Cm dengan jarak 1 M, dengan media tanah dicampur pupuk sampah dan pupuk kimia jenis poska setiap lubangnya 1,5 kg. Umur tanaman 2 bulan lebih, sudah bisa dipanen,”kata Serda Dasiman.

Dikatakannya, Ubi kayu sambungan ini menghasilkan Ubi berbentuk panjang. Namun, panjangnya melebihi Ubi kayu biasa bisa mencapai satu meter, Ubi panjang-panjang ini lebih cocok untuk tape.

” Kalau tepat rawatan dan cocok media tahahnya, biasanya Ubi kayu grafting ini bisa menghasilkan 100 kg per batangnya, mari mabfaatjan lahan kosong ditami Ubi kayu,” ujar Serda Dasiman, Rabu (29/07/2020). (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT