Bupati Bungo Hadiri Pengukuhan Sembilan Rio di Kecamatan Taseplin

Dibaca: 170 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H Mashuri kembali turut menghadiri Pengukuhan gelar adat sembilan Rio dalam Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Tanah Sepenggal Lintas, juga dihadiri Sekda Bungo, Ketua TP-PKK Kabupaten Bungo, Ketua Dharmawanita Bungo. Staf ahli Bupati, para Asisten, Kabag, kepala OPD, tokoh masyarakat, dan unsur Forkompinda serta undangan lainnya.

Dalam arahannya Bupati Bungo H. Mashuri menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkan dengan gelar adat kepada sembilan Rio dalam Kecamatan Tanah sepenggal lintas,

“Pengukuhan gelar adat ini adalah salah satu kearipan lokal yang ada di Kabupaten Bungo dan kepala desa nya dengan sebutan Datuk Rio,” ucap Bupati Mashuri.

Sebut Mashuri, tentu tugas Datuk Rio selain sebagai kepala pemerintahan juga selaku Pemangku adat di Dusun dan akan menjadi pedoman di tengah masyarakat.

“Kami percaya bahwa datuk Rio bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baik nya dan selalu mengedepankan adat istiadat di dusun,” ujarnya.

Bupati Mashuri juga berpesan agar kepada para Rio juga memperhatikan keberadaan TP-PKK di Dusun. Sebab peran mereka dalam membangun Dusun sangat lah penting.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada Datuk Rio, agar selalu mengalokasikan dana kegiatan untuk TP-PKK Dusun, agar peran PKK Dusun dapat berjalan secara maksimal,” tukasnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT