KLHK : Hutan Sehat, Kuliner Murah

Dibaca: 166 kali

SIDAKPOST.ID, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 29 Mei 2018. Siapa menyangka, hasil hutan Indonesia dapat disulap menjadi aneka makanan dan kue yang menggugah selera.

Hal ini dibuktikan oleh Chef Yulia Zenith (Bubu) dan Chef Surya Caesar, dalam acara Green Ramadhan bertema “Hutan Sehat, Kuliner Murah”, yang diselenggarakan oleh KLHK di Jakarta (28/5/2018).

Kedua chef menggunakan bahan-bahan baku seperti coklat, madu, lada, kemiri, kayu manis, yang diperoleh dari hutan sosial Indonesia, serta mengolahnya menjadi kue Choco Forest, Choco Nutty Log Cake, yang berbentuk seperti pohon, masakan Silva Pesona dan Sup Hutan Nusantara.

Sebagaimana diketahui, hasil hutan bukan kayu (HHBK) tersebut sangat berpotensi sebagai komoditi ekonomi masyarakat sekitar hutan, selain sebagai sumber pangan.

Dengan didukung fasilitasi berupa pendampingan dari pemerintah, dan dukungan pemasaran dari mitra usaha, program Perhutanan Sosial menjadi salah satu peluang yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar kawasan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri LHK, Siti Nurbaya berpesan. “Semoga ini menjadi salah satu pilihan dalam rangka mendorong gaya hidup sehat dengan berkuliner murah dari hasil hasil hutan yang pada akhirnya menuju pada ketahanan pangan,” kata dia.

Acara Green Ramadhan kali ini cukup menarik banyak perhatian pengunjung yang antusias ingin mengetahui proses pembuatan masakan, serta mencicipi langsung hasilnya.

Dengan didukung beberapa tokoh publik seperti artis sekaligus Duta Lingkungan Hidup Oppie Andaresta, Putri Pariwisata Indonesia 2017, Astari Indah Vernideani, Miss Eco Indonesia 2018, Astira Intan Vernadeina, Miss Earth Indonesia 2017, Michelle Victoria Alriani, membuat acara ini semakin meriah.

“Kenapa dibilang kuliner murah, bukan karena murahan tapi jika produk hutan kita dijaga dengan baik, nanti kita akan mendapat produk-produk hasil hutan membantu kita di baking cooking (proses memasak), dengan harga yang lebih murah. Produk hasil hutan yang baik menghasilkan kuliner yang baik juga,”, tutur Chef Bubu pada postingan media sosialnya.

Sementara Oppie yang mengaku punya hobi memasak, juga menuturkan kebanggaannya jika dapat memasak dari hasil hutan, sebagai salah satu upaya mendukung hutan tetap lestari. Hal serupa juga disuarakan Miss Earth 2017, Michelle.

“Ternyata hutan itu menghasilkan banyak pangan yang sangat penting untuk kita semua. Jadi itu sekali lagi betapa pentingnya kita menjaga dan melindungi hutan kita,” tuturnya. (red)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*