Danrem 042/Gapu Bersama Dandim dan Bupati Tebo Tanam Pohon di Bukit Tigapuluh

Dibaca: 420 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dandim 0416/ Bungo Tebo, Letkol Inf Widi Rahman, bersama Bupati Tebo, dampingi Danrem 0416/Gapu,¬†Kolonel ARH Elphis Rudy melakukan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan upaya restorasi ekosistem di lokasi pemulihan kawasan PT Alam Bukit Tigapuluh, di Desa Pemayung Kecamatan Sumay Kabuoaten Tebo, Jum’at (28/02) kemarin.

Penanaman pohon ini dihadiri Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042/ Gapu, Dandim 0416/ Bute dan Pesrit, Kapolres Tebo, Kasiter Rem 042/ Gapu, Dantim Intelrem 042/ Gapu, Penrem 042/ Gapu, Unit Inteldem 0416/ Bute, Danramil Pulau Temiang dan Muara Tebo beserta istri, Jajaran Polres Tebo, Camat Sumay, Pimpinan PT ABT serta KPHP Tebo.

Danrem 042/Garuda Putih Kolonel ARH Elphis Rudy menyebutkan, kegiatan tanam pohon ini sangat penting untuk melakukan rehabilitasi hutan dengan program penanaman pohon.

Ada seratus ribu batang, di lokasi pemulihan kawasan PT Alam Bukit Tigapuluh Desa Pemayung Sumay akan mampu mengembalikan keseimbangan ekosistem yang ada di kawasan bukit tersebut.

“Kita berharap dengan penanaman pohon sebanyak seratus ribu ini mampu merehabilitas bekas lahan yang terbakar dalam beberapa tahun terakhir, pada pelaksanaannya nanti kita akan turunkan satu SSK yang terdiri dari gabungan TNI-POLRI, Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo, dan Pihak PT ABT. ” jelas Danrem.

Selain rehabilitasi hutan, sebut Danrem, program juga ditujukan untuk restorasi ekosistem. Upaya tersebut merupakan siklus dari satuan tugas karhutla Provinsi Jambi.

” Untuk mengembalikan keutuhan hutan secara menyeluruh, yang juga dengan melibatkan proaktif dari berbagai pihak atau pihak terkait,”timpalnya.

Bupati Tebo H. Sukandar mengapresiasi kegiatan tanam pohon di Bukit Tigapuluh, ini merupakan upaya yang luar biasa dalam rangka memulihkan kondisi alam yang tadinya menjadi harapan semua pihak tidak hanya masyarakat Tebo, akan tetapi Provinsi Jambi pada umumnya.

Bupati Tebo akan menginstruksikan dan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk menyukseskan program tersebut, untuk pemulihan kawasan yang nantinya akan berdampak pada keseimbangan alam di Tebo.

” Kami akan dukung, nanti akan dikoordinasikan dan instruksikan kepada dinas dinas terkait apabila ada penambahan pada jumlah dan jenis pohon yang akan ditanam,”katamya.

Bajkan kata Sukadar, informasi yang diberikan pihak PT ABT ada beberapa satwa yang keluar dari kawasan dikarenakan kondisi lahan.

“Kami akan coba sediakan tanaman yang menjadi makanan utama satwa tersebut untuk memancing satwa tersebut kembali, ” tutup Bupati Tebo.
(asa)

ADVERTISEMENT