Begini Keakbraban Dandim 0416/Bute Bersama Warga SAD

Dibaca: 158 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Selalu berada ditengah-tengah rakyat. Sepertinya kata itu sangat terlihat di pada Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Widi Rahman saat mengikuti kegiatan Pesta Buah-buahan Hutan sekaligus Launcing Program Waris Pohon di hutan adat Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap di Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Minggu (26/01).

Tidak memandang siapa itu SAD, Dandim tampak berbaur akrab dengan dengan mereka (SAD). Bahkan tidak segan-segan dan malu-malu, Dandim memberikan dan menyalakan rokok untuk Temenggung, Depati dan warga SAD lainnya.

“Siapa temenggunnya?,” tanya Dandim kepada SAD, “Ini temenggungnya. Kalau yang itu temenggung kencang-kencang,” jawan SAD sambil bergurau dengan Dandim, dan mereka pun tertawa Bersama.

Walau yang pertama kali datang dan bertemu dengan SAD kelompok Temenggung Ngadap, tampak jelas keakraban Dandim dengan warga SAD tersebut,“Temenggung, buah yang paling enak yang mana,” tanya Dandim saat Temenggung Ngadap menawarkan satu persatu buah-buahan hutan untuk disantap. “Kalau kami orang rimbo, semuanya sangat enak,” jawab Temenggung.

Sama, saya baru melihatnya saja sudah enak. Apa lagi makanya. Saya cicip dulu ya temenggung,” kata Dandim dan langsunng berbaur dengan SAD lainnya.

Diketahui, SAD kelompok Temenggung Ngadap merasa sangat terhormat atas kedatangan Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Widi Rahman di hutan adat mereka di Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo.

Kedatangan Dandim ke hutan SAD tersebut untuk menghadiri acara Pesta Buah-buahan Hutan dan Launcing Program Waris Pohon yang diinisasi oleh Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK). Dandim hadir bersama Bupati Tebo, Sukandar dan rombongan.

Selain Bupati tampak hadir Ketua DPRD Tebo Mazlan, Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman, Kepala Balai Taman Nasional Bukit 12 (TNBD) Haidir, para OPD, tokoh masyarakat, Temenggung Ngadap dan perangkat adat SAD  serta undangan lainnya.

Rombongan tiba di lokasi kegiatan sekitar pukul 13.30 Wib dan disambut langsung oleh Temenggung Ngadap beserta perangkat adat dan warga SAD. Tampak Temenggung Ngadap Bersama Gentar (SAD) mempreragakan pencak silat khas SAD. Selanjutnya Temenggung Ngadap mempersilahkan bupati dan rombongan menikmati buah-buahan hutan yang telah tersedia.

Silahkan bapak-bapak yang datang ke hutan adat kami Sungkai Lubuk Dalam menikmati buah-buahan hasil hutan kami. Ada buah dekat, durian daun, bedaro, tampuy rimba, buah siw, kuduk kuyak, buah kayay. Ini semua hasil hutan kito,” kata Temenggung Ngadap mempersilahkan kepada semua yang hadir untuk menikmati buah-buahan hutan. (RED)

ADVERTISEMENT









ADVERTISEMENT