15 Pj Kades Definitif Pemekaran Segera Dilantik, Pilkades Bakal Digelar 2026

Suasana Peresmian 15 Desa Pemekaran menjadi Desa Definitif, oleh Gubernur Jambi di Rimbo Bujang baru-baru ini. Rabu (28/12). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – 15 Desa Pemekaran di wilayah Kabupaten Tebo diresmikan menjadi Desa Definitif, oleh Gubernur Jambi H.Al Haris yang dipusatkan di Rimbo Bujang baru-baru ini.

15 Desa pemekaran yang diresmikan Gubernur Jambi berada di Kecamatan Rimbo Bujang, Rimbo Ulu, Rimbo Ilir, Tengah Ilir dan Kecamatan Tebo Ilir.

1. Desa Kemantan
2. Desa Mekar Kencana
3. Desa Purwo Dadi
4. Desa Tegal Asri
5. Desa Perintis Jaya

6. Desa Perintis Makmur
7. Desa Jaya Mulya
8. Desa Mekar Sari
9. Desa Wana Arum
10. Desa Wana Mulya

11. Desa Damai Makmur
12. Desa Suka Jaya
13. Desa Sido Mulyo
14. Desa Giri Mulyo
15. Desa Mandarsah Ulu.

Plt Kadis PMD Kabupaten Tebo Malik dikonfirmasi sidakpost.id menyebutkan,
bahwa 15 Desa Pemekaran di Tebo sudah diresmikan menjadi Desa Definitif
dan sejumlah Pj Kades Definitif ajan segera dilantik.

“15 Kades Definitif di Kabupaten Tebo diperkirakan Januari 2023 akan dilantik, sedangkan untuk Pilkades di 15 Desa Definitif ini diperkirakan bakal digelar 2026 mendatang, karena moratorium Pilkades hingga 2024,” ungkap Plt Kadis PMD, Malik, Rabu (28/12/2022).

Terpisah, Camat Rimbo Bujang Tuslam mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa untuk Kecamatan Rimbo Bujang ada 6 Desa Pemekaran yang diresmikan menjadi Desa Defenitif.

Desa Perintis Jaya dan Desa Perintis Makmur (Induk Desa Perintis), Desa Purwodadi (Induk Desa Purwo Harjo), Desa Tegal Sari (Induk Desa Tegal Arum), Desa Mekar Kencana (Induk Desa Tirta Kencana) dan Desa Jaya Mulyo (Induk Desa Rimbo Mulyo).

“Saat ini Pj Kades Defenitif sedang sibuk melakukan pembenahan administrasi pemerintahan desa, diantaranya seperti penataan nomor urut RT dan lainnya,” ucap Tuslam. (asa)