Babinsa Daryono Pesan Ke Warga, Waspadai DBD di Musim Penghujan

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sebagaimana diketahui bahwa demam berdarah dengue merupakan penyakit sangat endemik di daerah tropis, memasuki musim penghujan ancaman demam berdarah dengue (DBD) dominan menginfeksi. Demam ini bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani.

Khususnya anak-anak yang seringkali menjadi sasaran empuk dari gigitan nyamuk bisa terserang DBD, warga masyarakat sebaiknya harus berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarganya bisa terhindar dari penyakit Demam Berdarah ini.

Menurut petugas kesehatan, bahwa Nyamuk Aedes Aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit demam berdarah, cara penyebarannya melalui gigitan nyamuk seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus yang terbawa didalam kelenjar ludah si Nyamuk kemudian ditularkan dengan gigitan nyamuk kepada orang yang sehat pula.

Hal tersebut diungkapkan oleh Babinsa Sertu Daryono Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo didampingi Bhabinkamtibmas Aipda Dadan Juanda Polsek Rimbo Ilir, pada saat komsos dengan warga binaannya. Bertempat di Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Baca Juga :  Dari 47 Kasus, Tim Restic Narkoba Polres Bungo Ringkus 91 Tersangka

Sertu Daryono juga menuturkan, hujan dengan intensitas tinggi perlu diwaspadai oleh masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai, adanya bencana banjir maupun tanah longsor.

“Mari bersihkan lingkungan tempat tinggal kita, seperti membersihkan sampah tempat kumuh, bersihkan got atau saluran pembuangan limbah serta tetap menjaga protokol kesehatan, ” tandas Sertu Daryono. (asa)