BKTM Aiptu Dadan, Awas Bahaya Bullying dan Narkoba

BKTM Aiptu Dadan Juanda memaparkan tentang Bahaya Bullying dan Narkoba, dihadapan siswa SDN 178 Rantau Kembang Rimbo Ilir. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bhabinkamtibmas (BKTM) Aiptu Dadan Juanda Polsek Rimbo Ilir menjadi pemateri bertajuk Awas Bahaya Bullying dan Narkoba, bertempat di SDN 178/VIII Jalan Mahkota Dewa Desa Rantau Kembang Kecanatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, pada Senin (27/11/2023) kemarin.

Aiptu Dadan Juanda dihadapan para siswa dan dewan guru SDN 178 memaparkan tentang bullying mencakup pengertian bullying, bentuk-bentuk bullying, faktor penyebab terjadinya bullying, dampak bullying, dan cara mencegah terjadinya bullying, juga masalah bahaya narkoba.

Bullying merupakan perilaku agresif berulang yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang merasa berkuasa, ditujukan kepada seseorang dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Tindakan ini dapat berupa kekerasan fisik, verbal, mental, seksual, dan dunia maya.

Marak peristiwa bullying  yang terjadi di kalangan anak usia sekolah membuat hal ini harus menjadi perhatian dari banyak pihak, mulai dari orang tua, guru di sekolah, dan masyarakat. Anak usia sekolah juga harus dibekali dengan pengetahuan terkait bullying agar timbul kesadaran akan pentingnya berbuat baik antar sesama dan mampu mencegah bullying sebagai pelaku maupun korban.

” Kepada para siswa agar tidak lagi melakukan perbuatan bullying terhadap teman apalagi kita dalam cakupan keluarga besar SDN 178/VIII, yang sudah biarlah ke depan jangan di ulang lagi,” tandas Dadan. (asa)