Korem 042/Gapu Peringati Hari Sumpah Pemuda

Danrem 042/Gapu Brigjen Supriono Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Lapangan Makorem. Jum'at (28/10). Foto : dok Penrem sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Korem 042/Gapu melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada 2022 yang memasuki 94 tahun.

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Upacara Makorem 042/Gapu, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi, Jumat (28/10/2022).

Danrem 042/Gapu membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran untuk menyingkapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini diangkat untuk menghadirkan sejarah masa lalu sebagai bahan untuk direnungkan, dipelajari sebagai kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi Bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan, dengan sumpah pemuda1928 mari kita bersatu padu sehingga kuat dan tangguh dan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menggapai kejayaan Indonesia,” jelasnya

Dijelaskan, melihat kondisi pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun level internasional semua patut bersyukur.

Hal itu ditegaskan menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang.

“Upacara yang dilaksanakan di Korem 042/Gapu merupakan upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94, di mana melalui peringatan sumpah pemuda ini menjadi momentum agar selalu menghormati jasa pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” kata Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta, setelah pelaksanaan Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Makorem 042/Gapu tersebut diikuti oleh Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu beserta satuan Jajarannya. (rsa)