Mantap.! Poktan Rimbo Bujang, Dapat Dukungan untuk Pelatihan dari Inggris

Dibaca: 480 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam rangka untuk meningkatkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Tani Mahoni Berkah Usaha, yang beralamat di Jalan Mahoni Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo kini mendapatlan dukungan pendanaan untuk Pelatihan dari Non Government Inggris, untuk Nama NgO tersebut ialah Compassion In World Farming (CIWF).

Ketua Kelompok Tani Mahoni Berkah Usaha, Slamet Setya Budi kepada sudakpost.id menuturkan, bahwa di periode kedua ini Kelompok Tani yang dipimpinnya merupakan satu – satunya dari Indonesia yang lolos untuk mendapatkan Hibah Training dari CIWF.

“Awalnya saya agak minder dimana kita bersaing dengan negara maju di Asia, kebetulan CIWF mengadakan hibah training untuk wilayah Asia. Pengajuan proposal dimulai bulan Mei dan banyak tahapan apalagi full Bahasa Inggris semua. Bulan September kemarin saya mendapat Email dari Mrs. Finola Lewis dan Perwakilan Indonesia. Kita lolos perwakilan dari Indonesia, dan 2 negara lainnya dari Jepang dan Korea Selatan,” kata Slamet, Kamis (28/10/2021).

Perjuangan untuk mendapatkan dukungan dari NgO luar, sebut Slamet, salah satunya yaitu perlunya inovasi anak muda dan mengikuti tren perkembangan dunia terutama yang menekuni dibidang peternakan.

“Tentunya anak muda jangan gengsi untuk beternak, banyak anak muda menjadi pionir untuk kemajuan di lingkungan termasuk Kelompok Tani. Inovasi itu perlu guna pelan – pelan merubah ternak konvensional, kenalkan teknologi untuk anak muda,” ujarnya.

Sambungnya, dalam training yang menjadi tema adalah Farm Animal Welfare and Fermentation Technology ( Kesejahteraan Hewan Ternak dan Teknologi Pakan Fermentasi).

“Peternak wajib memperhatikan kesejahteraan hewan dan juga ada solusi dan ilmu untuk pembuatan pakan fermentasi, semoga kedepannya kita lebih baik dalam pemeliharaan hewan ternak,”pungkasnya.

Diketahui, bahwa Training Kelompok Tani Mahoni Berkah Usaha dijadwalkan berlangsung selama 4 hari. Didalamnya terdapat materi tentang Kesejahteraan Hewan, Nutrisi Pakan dan Penanaman Rumput, Mengenal Penyakit Pada Hewan Kambing dan Sapi serta Pencegahan, dan Pakan Fermentasi.

Sedangkan untuk observasi binatang ternak Kelompok Tani Mahoni Berkah Usaha, menggandeng dan bekerjasama dengan pihak UPTD Puskeswan dan Ternak Kecamatan Rimbo Bujang. (asa)

ADVERTISEMENT