Verifikasi Lapangan Kabupaten Sehat, Tebo Targetkan Swasti Saba Wiwerda II

Dibaca: 132 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bupati Tebo Dr H.Sukandar didampingi Wakil Bupati Syahlan, S.H. Membuka Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Tebo, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (28/09/2021).

Bupati H.Sukandar mengatakan target Kabupaten Tebo pada Tahun 2021 ini bisa meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda II, sebelumnya pada tahun – tahun yang lalu Kabupaten Tebo sudah menerima dua penghargaan secara berturut untuk penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat (KKS).

” Yang lalu Kabupaten Tebo pernah mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Padapa pada Tahun 2017, lanjut Swasti Saba Wiwerda I pada Tahun 2019. Untuuk Tahun ini semoga Tebo-bisa meraih kembali penghargaan Swasti Saba Wiwerda II. ” Ungkap Bupati H.Sukandar.

Penghargaan tersebut, imbuh Bupati, diberikan sebagai apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan tatanan – tatanan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

” Kita mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang dilakukan oleh Tim KKS Tebo yang telah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga Tebo menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Jambi yang lolos untuk dilaksanakan Verifikasi.

” Kita mengucapkan terima kasih kepada Tim KKS Tebo yang telah bekerja keras, berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan berbagai macam program bersama OPD terkait. ” Ujar Bupati.

Ketua Tim Verifikasi Kemenkes RI Nugroho menyebutkan, bahwa ada dua tatanan wajib yang harus dipenuhi oleh Kabupaten/ Kota Sehat.

Ada dua tatanan wajib yang harus dipenuhi oleh sebuah Kabupaten/Kota yang ingin menyelenggarakan KKS, tatanan pertama yakni tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana kesehatan serta tatanan masyarakat sehat yang mandiri.

” Kedua tatanan tersebut wajib dipenuhi, serta indikator – indikator yang ada di dalamnya terlaksana dengan baik di daerah tersebut. ” Tandas Ketua Tim Verifikasi Kemenkes RI Nugroho.

Wakil Bupati Syahlan mendampingi langsung pelaksanaan Verifikasi lapangan yang diketuai oleh Sub Koordinator Penyehatan Kawasan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI pusat.

Verifikasi lapangan juga diikuti oleh Tim Pembina KKS Provinsi Jambi, Sekda Teguh Arhadi, Ketua KKS Tebo Subirman, Kepala Bakeuda Hendri Nora, Kadis LH- Hub Eko Putra, Kadinkes KB dr. Riana Elizabeth, Kadinsos P2PA Erlynda, Kadis Perindagnaker Nurhasanah, Kadisporapar Mardiansyah serta sejumlah pejabat Eselon III.

Adapun titik yang menjadi tujuan verifikasi kali ini yakni :

1. SDN 149 Kelurahan Muara Tebo untuk Tatanan Kawasan Permukiman

2. Taman Wisata Tanggo Rajo untuk Tatanan Kawasan Pariwisata

3. SDN 108 Desa Sari Mulya untuk Tatanan Kawasan Permukiman

4. Kantor Desa Sidorejo untuk Tatanan Masyarakat Sehat Mandiri

5. SMPN 12 Desa Karang Dadi untuk Tatanan Kawasan Permukiman

6. Pasar Sarinah Rimbo Bujang untuk Tatanan Kawasan Permukiman Pasar

7. Posyandu Lansia Desa Sapta Mulya untuk Tatanan Kawasan Kehidupan Sosial

8. Kantor Desa Wanareja untuk Tatanan Kawasan Kehidupan Sosial

9. Rivera Park Desa Perintis untuk Tatanan Kawasan Pariwisata

10. IPLT Ladang Panjang/ TPA Terpadu Desa Sari Mulya untuk Tatanan Kawasan Permukiman. (asa)

ADVERTISEMENT