Proyek Bantuan Jamban di Desa Sanggaran Diduga Tak Tepat Sasaran

Dibaca: 273 kali

SIDAKPOST.ID, KERINCI – Proyek bantuan jamban dari dinas PUPR Provinsi Jambi untuk desa stunting tahun 2019 di Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci diduga banyak salah sasaran.

Banyak warga yang masuk kriteria penerima tidak tidak dapat menikmati proyek bantuan yang menggunakan dana APBD Provinsi Jambi tahun 2019.

Program ini diperuntukan untuk masyarakat yang mempunyai balita, ibu hamil, stunting, disabilitas dan masayarakat yang berpenghasilan rendah.

Namun di Desa Sanggaran Agung nama-nama penerima hibah jamban banyak yang tidak sesuai dengan kriteria. Dan parahnya lagi ada keluarga Kepala Desa dan pengurus yang menerima bantuan tersebut.

“Ya banyak warga berhak menerima tidak dapat,malah ada keluarga kades 4 orang yang dapat bantuan,”ungkap warga yang tidak mau namanya dicantum.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Sanggaran Agung Harkani, berkelit pada awalnya tidak mau memberi penjelesan, ia mengatakan ini merupakan proyek Provinsi Jambi.

“Ya ini proyek dinas Provinsi Jambi, kami kepala desa mengusulkan nama-nama penerima bantuan,”ujar Harkani.

Selain tidak tidak tepat sasaran hal ini jelas merugikan masyarakat yang benar-benar layak meneriman bantuan.

Masyarakat berharap Inspektorat Kabupaten Kerinci untuk turun kelapangan, melihat proyek bantuan jamban untuk warga dan ditakuti juga proyek ini selain salah sasaran juga dikerjakan asal jadi. (iy)

ADVERTISEMENT