Cuaca Panas Rawan Kebakaran Lahan, Babinsa Poniman Patroli Karhutla

Dibaca: 284 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Cuaca panas termasuk musim kemarau telah tiba memicu rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dalam sehari terjadi empat kali kebakaran lahan sekitar permukiman maupun rumah warga di wilayah Kabupaten Tebo.

Seperti diberitakan oleh media kemarin,
Pertama Kebakaran Lahan dekat Permukiman Pal 7 Tebo, yang kedua lahan dikomplek SMP 20 Jambu, yang ketiga Kebakaran Rumah yang menghabiskan Bagian Dapur di Desa Teluk kuali dan keempat kebakaran Rumah di Desa Aur Cino Kecamatan VII Koto.

Menyikapi kondisi ini, Babinsa Koptu Poniman Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, langsung tanggap dan melakukan Patroli antisipasi cegah Karhutla bersama warga binaan, bertempat di Jalan AMD
Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Pada kesempatan Patroli Karhutla ini, Baninsa Koptu Poniman menghimbau kepada warga masyarakat atau petani, jangan coba-coba membuka kebun dengan cara dibakar, jangan membakar sampah di kebun atau didekat pemukiman, jangan membuang puntung rokok disampah kering karena dapat berakibat fatal menimbulkan kebakaran lingkungan.

“Kepada warga masyarakat agar selalu waspada dan bersama-sama rutin melakukan Patroli Karhutla, untuk
mencegah terjadinya bencana kebakaran diwilayah lingkungan tempat tinggalnya, ” ungkap Babinsa Koptu Poniman, Rabu (28/07/2021).

Diketahui, bahwa Pelaku pembakaran hutan dan lahan diancam dengan kurungan penjara paling lama 10 tahun dan membayar denda paling banyak sebesar Rp 1 Milyar, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009, Pasal 108 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH). (asa)

ADVERTISEMENT