Bagini Keakraban Satgas TMMD Kodim Batanghari Dengan Warga

Dibaca: 84 kali

SIDAKPOST.ID, BATANGHARI – Sebanyak 150 personel Satgas TMMD Kodim 0415 Batanghari Korem 042 Gapu dipastikan tinggal di rumah-rumah warga atau yang disebut orang asuh selama bertugas di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Keberadaan mereka diterima dan disambut hangat oleh orang tua asuh dalam rangka pelaksanaan TMMD ke-105 digelar pada 10 Juli hingga penutupan 8 Agustus 2019. Kendati itu, Program Pra-TMMD sudah mulai berlangsung dari sekarang.

Bahkan, keberadaan mereka juga menjadi kebahagiaan dan berkah tersendiri bagi pemilik rumah karena telah dianggap seperti bagian dari keluarga sendiri.

Kades Ladang Peris, Sujarno, yang rumahnya dijadikan tempat tinggal Satgas TMMD Kodim Batanghari mendukung penempatan personel di rumah-rumah masyarakat.

“Kami sangat senang bisa bersama dengan TNI. Kami sangat mendukung kegiatan TMMD sehingga berjalan sukses,” kata Sujarno, Kamis (27/6).

Setelah mengetahui rumah yang akan ditempati, Sertu Muharamaini terlihat membersihkan pekarangan halaman rumah Asmuri (69) yang tinggal di RT 06 Dusun Simpang Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang. “Saya merasa senang karena menjadi orang tua asuh,” kata Asmuri.

Hal serupa juga terlihat dilakukan, Serda Bambang yang menempati rumah, Legio, warga RT 13 Desa Ladang Peris. Kepedulian Serda Bambang membantu menimba air di sumur rumah Legio.

“Kami tidak ingin menjadi beban warga. Tentu selagi mampu kami membantu,” kata Serda Bambang.

Selain memudahkan mobilitas para personel menuju lokasi pembangunan TMMD. Hal tersebut dinilai efektif mempererat kebersamaan antara personel satgas yang terdiri dari unsur TNI dan Polri, unsur Pemkab setempat dengan masyarakat. Seluruh personel satgas menjaga kesopanan dan harga diri pribadi maupun kesatuan selama menumpang tinggal di rumah orang tua asuh mereka.

“TMMD memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, bersama TMMD membangun meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Komandan Kodim, Letkol Inf Widi Rahman.

Usai menggelar pertemuan bersama perangkat desa membahas penempatan rumah untuk Satgas tersebut, Perwira Teritorial Kodim 0415 Batanghari Kapten Inf Darminto mengatakan, sebanyak 30 rumah disiapkan untuk dijadikan tempat tinggal personel dalam mendukung kegiatan TMMD ke-105 nantinya.

“Mereka berbaur menjadi satu di rumah-rumah masyarakat setempat yang dikenal dengan sebutan orang tua asuh. Jumlahnya satgas yang menginap bisa tiga bahkan lima orang, sesuai dari kondisi rumah,” kata Darminto. (red)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT