Ini 17 Nama Media Online Tergabung Ke JOIN Bungo

Dibaca: 435 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Wadah profesi atau lebih dikenal dengan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Provinsi Jambi terus berupaya, agar suluruh jurnalis yang tergabung ke JOIN menjadi orang yang disegani karena karya jurnalisnya.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua DPW JOIN Jambi, Zakaria yang akrap disapa Zeck ini, dirinya akan mencetak para jurnalis profesional hingga berbagai pelatihan sehingga semua wartawan di JOIN bisa kredibel dan terpercaya dalam segala hal.

“Semua wartawan tergabung ke JOIN dilengkapi barkas dan administrasi dan juga setelah lebaran nanti, akan gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) supaya karya jurnalis benar-benar bermutu dan diterima oleh masyarakat,”ujar Zeck.

Karena kata Zeck, di era digital tahun ke tahun pertumbuhan media ini sangatlah pesat. Oleh karena itu, perlu dibarengi dengan badan hukum yang lengkap dan sumber daya manusia yang memadai.

“Kita tidak ingin gara-gara pemberitaan yang tanjam mengkritisi segala sesuatu berakibat fatal bagi wartawan itu sendiri karena, menjadi waratawan itu bukan semudah membalikkan telapak tangan,” katanya.

Setiap tulisan yang disajikan ke publik itu, benar-benar kredibel sesuai fakta dan realita bukan katanya-katanya. Dan Paling penting berita itu berimbang agar bisa mencerdaskan kehidupan bangsa bukan menyesatkan pembaca. Berita online itu memang perlu cepat tapi juga harus tepat dan akurat.

“Semua ada aturan dan etika yang kami patuhi, dengan demikian semua berita yang disajikan benar-benar dapat kita pertanggungjawabkan sebagai karya jurnalistik,” ujar pemred sidakpost.id yang juga sudah bersertifikasi wartawan utama.

Untuk itu, kata Zeck, setelah lebaran ini, seluruh wartawan yang tergabung di JOIN wajib mengikuti pelatihan jurnalis agar, benar-benar menjadi wartawan profesional dan mematuhi kode etik dan UU Pers No 40 Tahun 1999. Karena JOIN bukan berkutik di urusan berita akan tetap juga mencetak SDM yang handal tapi kepedulian sosial masyarakar juga menjadi priotitas.

“Langkah awal wartawannya akan kita ikuti Uji Kompetensi karena perkerjaan wartawan itu, adalah profesi terhormat bisa menjadi wartawan terpercaya di kabupaten Bungo dan sekitarnya. Kami ingin semua mematuhi itu,”tegasnya.

Untuk di Kabupaten Bungo sendiri ada 18 media perusahaan pers atau media online yang terbagung ke JOIN Bungo beserta anggota seperti.

1. sidakpost.id

– Syahrul-Juliansyah-Idris

2. Sonnytv.net

Sonny A

3.dimensinews.co.id

– Achmad Mubarak

4. narasijurnal.com

Syahruddin

5.spotjambi.my.id

Toni Hendra

6.halojambi.id

– Afrizal

7.topikjambi.id

Musta’im – Al Kokadr

8.medianasional.id

Fauzi Ansor

9.prestasireformasi.com

Hendra

10. berandajambi.com

Hadiansyah – Umar Kusuma

11.koransatu.id

Bahrun

12. bungotodya.com

Lidia

13.transjambinews.net

Rea

14.makalamnews.net

Riana

15.wartalintas.com

Nova

16.radardesa.co

7- Irwan

17.inapos.com

Rena

“Jadi itulah nama-nama media online di kabupaten Bungo yang tergabung ke JOIN. Selain itu, tiga wartawan di JOIN juga sudah mengantongi sertifikat dari dewan pers sebagai wartawan muda, “cetus Zeck. (red/jul)

ADVERTISEMENT