Dampingi Petani, Babinsa 416-03/Sungai Bengkal Monitoring Tanaman Padi Warga

Dibaca: 116 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO –  Pastikan Padi petani tumbuh dengan baik, Koramil 416-03/Sungai Bengkal terus berupaya mendampingi petani turun ke sawah.

Seperti dilakukan Koptu Mahfud, Bintara Pembinan Desa (Babinsa) melakukan pengecekan sawah milik Ibu Hamiah di Desa Sungai Bengkal Barat Kecamatan Tebo Ilir.

Pendampingan seperti ini, perintah dari Dandim 0416/Bute, melalui Danramil di masing -masing teritorial atau wilayah binaannya. Karena dengan seperti ini, keluhanan petani bisa diketahui.

Danramil Kapten Inf Sulasa Hadi tiada henti-hentinya, untuk mengingatkan ke semua Babinsa untuk mengecek secara langsung semua tanaman padi warga.

“Saya selalu menyampaikan kepada para Babinsa jangan lupa didata dan segera laporkan bila ada keluhan dari petani, supaya ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Danramil Kapten Inf Sulasa Hadi.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa. Hama yang menyerang padi memang menjadikan petani menderita.

Tidak ada rasa nyaman apalagi sejahtera. Uang yang didapat dari hasil panen tidak sesuai dengan biaya penanaman dan perawatannya.

Seperti diketahui, wabah hama wereng kerap merajalela menyerang areal persawahan. Dengan serangan hama mengakibatkan produksi padi menurun, karena banyak bulir padi yang puso.

“Maka, dengan adanya Babinsa yang rutin memantau sawah, keberadaan hama dapat diantisipasi sedini mungkin, “ungkap Danramil. (red)

ADVERTISEMENT