Ratusan Mahasiswa KKN UMMUBA Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada Mahasiswa KKN UMMUBA. Sabtu (28/1) Foto : Sidakpost.id/Juliansyah. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, kembali memberikan perlindungan kepada ratusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (UMMUBA), Sabtu (28/1/2023).

Perlindungan jaminan sosial di tandai dengan penyerahan kartu kepesertaan secara simbolis oleh Rektor UMMUBA, Syafrial Anas bersama Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kunto Baskoro kepada mahasiswa KKN, di sela-sela acara pelepasan keberangkatan.

Jaminan sosial tersebut diberikan kepada 342 orang meliputi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Dimana mahasiswa KKN itu mengikuti pengabdian ditengah masyarakat tersebar di 8 Kecamatan, dalam Kabupaten Tebo.

Rektor UMMUBA Syafrial Anas menyambut baik program jaminan sosial yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, terutama dalam melindungi mahasiswa KKN.

Kata Syafrial, keikutsertaan ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi dini. Jika hal yang tidak diinginkan sewaktu-waktu terjadi.

“Kami menilai, ini merupakan langkah yang sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap aktivitas mahasiswa dan dosen saat di lapangan selama KKN berlangsung. Apalagi, lokasi KKN tersebar di desa-desa yang jauh dalam Kabupaten Tebo,” kata Syafrial Anas.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Kunto Baskoro mengatakan, perlindungan yang diberikan merupakan sebuah upaya untuk memberikan rasa aman bagi mahasiswa yang melakukan pengabdian kepada masyarakat, khususnya untuk melindungi jika terjadi risiko.

Selain itu, Kunto juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UMMUBA, yang sudah mengikutsertakan mahasiswa kuliah kerja nyata nya di BPJS Ketenagakerjaan, untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

“Ini menandakan bentuk komitmen dan kepedulian pihak UMMUBA, untuk melindungi keselamatan para mahasiswa KKN nya dari risiko yang bisa terjadi selama kegiatan KKN berlangsung. Dari keberangkatan, saat bekerja, dan perjalanan pulang, sudah dilindungi,” ungkap Kunto Baskoro.

Ia berharap program jaminan sosial yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan dapat, menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lain. Seperti hal nya juga bagi lembaga pendidikan SMA dan SMK, terkait perlindungan bagi seluruh siswa magang, dalam melakukan aktivitas magang.

“Semoga apa yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (Ummuba) ini dapat menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya, untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya. (Jul)