Kwarcab Gerakan Pramuka Tanjabbar Laksanakan KML

Dibaca: 217 kali

SIDAKPOST.ID, Tanjabbar – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) di  Balai Adat Tanjabbar, Senin (27/12/2021).

Kegiatan KML ini resmi dibuka langsung oleh Bupati Tanjabbar Drs. H. Anwar Sadat M, Ag. Sekaligus merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Tanjabbar.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya, Konsultan Pusdiklat Kwarda Jambi, Kepala Pusdiklatcab, Forkopimda Pengurus Kwarcab, Team Pelatih dan Korsp Pelatih Kwartir cabang, Kamabiran Tungkal Ilir, Kamabiran Bram Itam dan Peserta Kursus Mahir Tingkat Lanjutan.

Berlangsungnya acara, Ketua panitia pelaksana KML yaitu, M. Zainuddin S.H., M.H dalam sambutan mengatakan, bahwa Kegiatan akan berlangsung selama 7 hari terhitung dari tanggal 25 Desember hingga 31 Desember.

“Peserta kursus Pembina Mahir tingkat lanjutan golongan penggalang berjumlah 40 orang yang berasal dari Kwartir ranting dan Kwartir cabang gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat, putra 26 orang sedangkan putri 14 orang,” kata kak Zainuddin.

Tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan pembina Pramuka, dalam mengasuh peserta didik pada gugus depannya masing-masing serta untuk memperbanyak jumlah pembina Pramuka Mahir lanjutan golongan penggalang yang bermutu sesuai dengan kebutuhan, ucap Kak Zainuddin.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjabbar H. Agus Sanusi dalam sambutan membeberkan Kursus kali ini materinya banyak dilaksanakan di alam terbuka, hal ini dilaksanakan dalam rangka pembekalan para pembina Pramuka penggalang untuk mempersiapkan jambore ranting, jambore cabang, jambore daerah Jambi dan jambore Nasional tahun 2022.

“Kepada para pemangku kepentingan, para Pembina agar kiranya dapat memfasilitasi terselenggaranya kegiatan dan latihan pramuka yang aman, nyaman dan sehat dengan tetap memperhatikan menggunakan protokol kesehatan,” ungkap Ka Kwarcab.

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat M Ag selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Tanjabbar dalam sambutannya mengatakan, aspek yang hendak ditumbuhkan dalam pendampingan gerakan Pramuka tak lain adalah semangat pengabdian dan pelayanan, untuk itu gerakan Pramuka yang semula bersifat ekstrakurikuler kini berubah menjadi kegiatan kokurikuler dan wajib setiap jenjang pendidikan dasar maupun menengah.

“Melalui intensitas pendampingan ini generasi milenial akan dibantu menemukan jati diri keutamaan hidup demi masa depan bangsa yang dalam dekade berikutnya akan menjadi tanggung jawabnya,” ujar Bupati selaku Kamabicab.

kepada para pembina Pramuka untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam pendidikan kepramukaan agar para pelajar semakin tertarik pada gerakan Pramuka,” ungkap Bupati.

Para Pembina harus mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam metode pendidikan kepramukaan agar selalu up to date mengikuti perkembangan zaman, lanjut Bupati.

“Nilai – nilai kemanusiaan terus ditanamkan pada setiap anggota gerakan pramuka melalui berbagai kegiatan, tanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air melalui pemanfaatan internet, dengan iptek yang diimbangi imtaq,” harap Bupati. (adv(str)

ADVERTISEMENT