Mashuri : Pemerintah Dusun Harus Inovatif

Dibaca: 163 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo terus mendorong pembangunan disetiap dusun yang ada di Kecamatan.

Pemerintah juga mendorong gerakan partisipasi masyarakat dusun, dalam rangka mengembangkan potensi dan hasil dusun, dalam mensejahterakan masyarakat membangun mulai dari dusun, melalui program Gerakan Dusun Membangun (GDM).

Bupati Bungo H Mashuri mengatakan pemerintah sangat mendukung program pemerintah pusat, melalui Dana Desa. Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Bungo, juga telah menggelontorkan dana sebesar Rp 250 juta per dusun.

“Kita juga memberikan setiap dusun sebesar Rp 250 juta per tahun. Ini dilakukan untuk meningkat gerak pembangunan, mempercepat pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di dusun,” ujar Bupati Mashuri, disela acara Dusun Award 2018, Kamis (27/12).

Mashuri juga mengingatkan kepada seluruh pemerintah dusun (desa red), untuk terus berkontribusi aktif dalam memberdayakan masyarakat di desa.

“Untuk pemberdayakan masyarakat tidak semata-mata bergantung pada anggaran yang diberikan oleh pemerintah. Pemerintah dusun harus senantiasa proaktif, inovatif, dalam menggali sumber-sumber pendapatan dusun, yang selama ini belum digali dan dimanfaatkan secara optimal,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bungo juga mengucapkan terima kasih dan bangga atas prestasi yang di tunjukan oleh setiap dusun di kabupaten bungo.

“Terima kasih kepada dusun-dusun yang sudah berinovasi¬† sehingga sudah memperlihatkan hasilnya secara bertahap. Ada dusun yang mengembangkan BUMDus dibidang pariwisata, dan ada dusun yang mengembangkan badan usaha milik dusun nya melalui UMKM, dan lain,” ujar Mashuri.

Lanjutnya, semua inovasi yang sudah dilaksanakan bisa menjadi potensi untuk pendapatan dusun. Sehingga dusun bisa lebih mandiri, dan bisa mempercepat pembangunan dan pemberdayakan masyarakat yang ada di setiap dusun.

“Teruslah berinovasi berbuat dalam hal untuk kemajuan dusun. Semua itu, tidak datang tiba-tiba, memerlukan kerjakeras yang kuat antar sesasama elemen dusun, ” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT


























ADVERTISEMENT






ADVERTISEMENT